Komnas HAM putar film kesaksian korban pelanggaran HAM

Kamis, 05 September 2013 - 10:32 WIB
Komnas HAM putar film kesaksian korban pelanggaran HAM
Komnas HAM putar film kesaksian korban pelanggaran HAM
A A A
Sindonews.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengajak semua elemen bangsa untuk mendengarkan suara para korban pelanggaran HAM masa lalu dan ikut mendorong adanya penyelesaian secara adil dan bermartabat.

Setelah 15 tahun reformasi, belum ada satu pun kasus sejak tahun 1965 yang telah diselesaikan secara tuntas sesuai dengan standar kemanusiaan dan HAM sebagaimana di tuntut oleh konstitusi.

Har ini, Kamis (5/9/2013) di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary Jakarta menggelar nonton bersama film dokumenter karya antropolog Robert Lemelson berjudul, "40 years of silent: an Indonesia tragedy".

Film ini mengungkapkan kesaksian empat orang dari Jawa Tengah dan Bali yang telah memecah kebungkaman panjang tentang pengalaman sebagai korban pelanggaran HAM tahun 1965/1966.

Film ini mengungkap kesaksian keluar korban pelanggaran HAM masa lalu. Melalui film ini, bisa dipahami peluang maupun tantangan yang harus dihadapi dalam upaya mencari penyelesaian yang tuntas.

Dalam pemutaran film tersebut, pengunjung terlihat antusias menyaksikannya, bahkan berlangsung haru. Pemutaran film dokumenter ini komnas HAM bekerja sama dengan koalisi Keadilan dan pengungkapan kebenaran (KKPK).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4798 seconds (0.1#10.140)