JK sebut Papua daerah paling sportif terkait konflik

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 01:01 WIB
JK sebut Papua daerah paling sportif terkait konflik
JK sebut Papua daerah paling sportif terkait konflik
A A A
Sindonews.com - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menuturkan, daerah yang paling sportif di dunia adalah Papua. Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan pada acara konferensi nasional kearifan lokal yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2013) malam.

"Daerah yang paling sportif di dunia ini adalah Papua," ujar Jusuf Kalla.

Sportif yang dimaksud adalah konflik atau perang suku yang terjadi selama ini. "Di Papua kan kalau ada masalah, perang suku kan," katanya.

Sebab, menurutnya, konflik atau perang suku di Papua bisa usai, jika jumlah korban di dua belah pihak yang bertikai, seimbang. "Perang suku di Papua berhenti, kalau misalnya dua orang meninggal, dibalas dengan dua orang meninggal lagi dari kubu lainnya," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini.

Tak hanya itu, kata dia, perang suku di Papua pun sportif dalam hal waktu. "Misalnya, jika anak sekolah pulang, perang suku berhenti. Kemudian, perangnya berlanjut setelah itu. Selain itu, jika jam makan, perangnya berhenti, setelah makan kembali berlanjut," tuturnya.

"Beda kalau di Makasar, kapan saja waktunya main panah-panahan," imbuhnya. Meski demikian, dia berharap tak ada lagi perang suku di tanah air.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7468 seconds (0.1#10.140)