Kemensos gelar konferensi nasional kearifan lokal

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 00:03 WIB
Kemensos gelar konferensi nasional kearifan lokal
Kemensos gelar konferensi nasional kearifan lokal
A A A
Sindonews.com - Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar konferensi nasional kearifan lokal di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2013) malam.

Acara yang bertemakan Peran Strategis Kearifan Lokal dalam Menguatkan Kohesi Sosial Bangsa yang Majemuk Menuju Indonesia Sejahtera ini, berlangsung hingga Sabtu 31 Agustus 2013 nanti.

Menteri Sosial (Mensos), Salim Segaf Al Jufri menuturkan, penyebab konflik sosial sangat kompleks dan dinamis seiring pergesaran medan konflik.

"Berbagai konflik sosial tersebut menyebabkan banyak kerugian, tidak hanya sarana dan prasarana fisik. Tetapi, juga merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Mensos Salim Segaf.

Lebih lanjut dia menuturkan, Kemensos mencatat ada 184 titik konflik yang menyebar di beberapa wilayah di Indonesia. Maka dari itu, lanjut dia, harus kembali pada jati diri bangsa, melalui ajaran adhi-luhung, Bhineka Tunggal Ika, rejunevasi atau penyegaran nilai-nilai kebangsaan, salah satunya nilai-nilai kearifan lokal.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, saat ini Kemensos mendorong berbagai kegiatan untuk penguatan nilai-nilai kearifan lokal di 30 daerah rawan konflik yang didukung anggaran Rp50 juta.

Serta, lanjut dia, keserasian sosial untuk membangun kohesivitas sosial antarwarga didukung dana Rp109 juta per daerah. "Lebih dari 50 daerah sudah di fasilitasi anggaran untuk kesarasian sosial yang dilengkapi model strategi pencegahan konflik sosial sejak dini," ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3174 seconds (0.1#10.140)