Minat pelajar terhadap wayang minim

Senin, 26 Agustus 2013 - 18:46 WIB
Minat pelajar terhadap wayang minim
Minat pelajar terhadap wayang minim
A A A
Sindonews.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mendukung jika pelajaran wayang masuk dalam kurikulum 2013 di DIY.

Meski banyak pelajaran yang bisa dipetik dari cerita wayang, minat pelajar di DIY sendiri terhadap budaya asli Indonesia tersebut minim.

"Pelajaran wayang tentu bisa masuk dalam kurikulum 2013. Nantinya materi bisa dimasukkan dalam mata pelajaran bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan materinya sesuai dengan pembelajaran seni dan budaya," ujar Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji, di Yogyakarta, Senin (26/8/2013).

Aji menuturkan, pelajaran wayang sebenarnya bisa menjadi mata pelajaran tersendiri. Apalagi, Gubernur DIY sudah memiliki pemikiran membangun akademik komunitas di Yogyakarta. Bahkan pihaknya ada rencana menjadikan wayang sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal pilihan.

"Sayangnya, jika menjadi mata pelajaran tersendiri bisa-bisa tidak ada siswanya. Sangat sedikit minat pelajar sekarang untuk mengenal dan mengetahui lebih dalam soal wayang atau perdalangan," imbuhnya.

Dikatakan Aji, selama ini di DIY sudah ada sekolah menengah yang membuka program dalang/wayang yakni di SMK Negeri 1 Kasihan, Bantul. Sekolah kejuruan yang dikenal dengan program seninya ini saja setiap tahun sangat susah mencari siswa yang berminat pada program wayang. "Tahun ini saja sepertinya hanya terjaring enam orang, maka dari itu dalang cilik menjadi 'barang' langka," kata Aji.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3495 seconds (0.1#10.140)