Pustakawan UGM raih juara III nasional

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 16:14 WIB
Pustakawan UGM raih juara III nasional
Pustakawan UGM raih juara III nasional
A A A
Sindonews.com - Pustakawan UGM Sukirno SIP MA berhasil meraih juara III dalam pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional. Dalam pemilihan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional tersebut Sukirno maju sebagai wakil DIY.

Dikatakan Sukirno, proses seleksi dilakukan beberapa tahap yakni seleksi dokumen, ujian kognitif, wawancara dan presentasi. Beberapa topik yang boleh diangkat dalam presentasi ialah masyarakat informasi, organisasi profesi, sertifikasi atau penilaian dari penulisan makalah.

“Kebetulan saya membuat makalah mengenai identifikasi kebutuhan sumber informasi mahasiswa lewat penelitian. Saya sendiri tidak menyangka bisa meraih juara nasional karena harus bersaing dengan pustakawan terbaik dari seluruh Indonesia," ujarnya kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (23/8/2013).

Sukirno sehari-hari bekerja di perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM. Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional kali ini diikuti 26 peserta yang merupakan utusan dari 26 provinsi seluruh Indonesia. Acara pemilihan itu sendiri telah berlangsung pada 14-19 Agustus 2013 di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Sri Sularsih mengatakan, pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat nasional merupakan salah satu upaya untuk memberikan motivasi kepada seluruh pengelola perpustakaan agar melakukan yang terbaik dalam mengelola perpustakaan dan memberikan informasi kepada masyarakat.

“Tuntutan perkembangan perpustakaan saat ini cukup besar. Hal ini dipicu persaingan perpustakaan dengan media lain dalam penelusuran informasi,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Widiyanto menambahkan, pustakawan berprestasi terbaik merupakan kegiatan rutin yang dimulai sejak 2006. Kegiatan tersebut merupakan salah satu sarana pembinaan pustakawan dan merupakan salah satu upaya untuk memberikan apresiasi terhadap prestasi pustakawan serta pencitraan yang baik bagi profesi pustakawan.

Dalam pemilihan Pustakawan Terbaik Nasional tahun ini, juara I diraih oleh Ulfa Handayani SAg SS MHum dari Propinsi Banten dan Juara II Tulus Wulan Juni SSos dari Propinsi Sulawesi Selatan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8439 seconds (0.1#10.140)