Ujian CPNS akan terkomputerisasi

Rabu, 21 Agustus 2013 - 00:42 WIB
Ujian CPNS akan terkomputerisasi
Ujian CPNS akan terkomputerisasi
A A A
Sindonews.com - Ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, akan memakai sistem Komputer (Computer Assisted Test/CAT). System ini diyakini akan memutus mata rantai transaksi jual beli bangku PNS.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Tasdik Kinanto mengatakan, berbagai macam cara ditempuh masyarakat untuk menjadi PNS.

Ada yang menyogok hingga puluhan juta sampai mencuri data soal yang disiapkan dalam penerimaan CPNS. Oknum-oknum yang bertindak sebagai penyedia jasa demi kelolosan CPNS tersebut tidak jarang berasal dari orang dalam sendiri.

“Mereka menjanjikan CPNS itu akan lolos ujian dengan tentunya mengharapkan keuntungan,” katanya di gedung Kemenpan dan RB, Selasa (20/8/2013).

Tasdik menegaskan, perlu ada system yang dapat memutus mata rantai transaksi illegal yang dapat merusak sendi kehidupan bernegara tersebut. Salah satu solusinya ialah penggunaan CAT yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 ini.

Kemenpan dan RB bersama Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) akan bekerjasama mendukung program CAT ini. Lemsaneg dalam hal ini akan memproteksi naskah soal dalam CAT agar tidak bocor.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7649 seconds (0.1#10.140)