Ospek di UI lebih mendidik

Sabtu, 17 Agustus 2013 - 00:01 WIB
Ospek di UI lebih mendidik
Ospek di UI lebih mendidik
A A A
Sindonews.com - Universitas Indonesia (UI) menggelar berbagai macam rangkaian acara orientasi mahasiswa baru yang disebut dengan nama Kamaba (Kegiatan Mahasiswa Baru). Rangkaian sudah diawali dengan Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) dan akan dilanjutkan dengan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) serta Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI.

Wakil Ketua Panitia PSAU UI, A.G Sudibyo mengatakan ospek di UI diberikan berupa orientasi yang memotivasi mahasiswa. Acara PSAU, kata dia, merupakan kegiatan tahunan tingkat universitas hingga akhirnya para mahasiswa akan resmi disambut oleh rektor.

"Besok tanggal 17 Agustus akan ada paduan suara diikuti mahasiswa baru, lalu ada kegiatan Cinta Kampus juga. Display UKM, OKK. Mahasiswa baru memang sudah diterima di UI, tetapi belum resmi disambut, karena itu mereka wajib mengikuti rangkaian kegiatan ini," tuturnya kepada wartawan di Balairung UI, Jumat (16/08/2013).

Sudibyo menambahkan pihak kampus memberikan toleransi kepada mahasiswa yang tidak dapat hadir dengan alasan sakit atau masih berada di kampung halaman asalkan ada surat izin yang diberikan. Usai kegiatan tersebut, kata dia, seluruh mahasiswa selalu mengisi daftar absen.

"Kegiatan ini menanamkan nilai kebenaran, kejujuran, dan keadilan, kami berikan motivasi misalnya tak boleh mencontek sampai plagiarisme. Masa adaptasi antara mahasiswa seluruh Indonesia," ungkapnya.

Salah satu mahasiswa lulusan SMAN 70 Jakarta, Bryan RS mengakui bahwa masa ospek di UI mengasikan. Sebab, menurutnya banyak kegiatan yang mampu memotivasi para mahasiswa baru.

"Sejak kemarin diberikan motivasi, ada ESQ, lalu pengetahuan soal pendidikan, ini Ospek yang mendidik menurut saya," kata mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UI ini.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4812 seconds (0.1#10.140)