Ini Parpol yang bacalegnya dicoret dari DCS

Rabu, 31 Juli 2013 - 11:04 WIB
Ini Parpol yang bacalegnya dicoret dari DCS
Ini Parpol yang bacalegnya dicoret dari DCS
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan ada lima partai politik (parpol) peserta pemilu yang delapan bakal calon legislatornya (bacaleg) tidak lolos tahap masukan masyarakat.

Mereka dianggap tidak dapat membuktikan kebenaran dari keraguan publik yang dialamatkan kepada bacalegnya setelah KPU melakukan klarifikasi dan verifikasi laporan masyarakat.

"Ada dari PKB (1 bacaleg), Golkar (1 bacaleg), PAN (2 bacaleg), Hanura (2 bacaleg) serta PPP (2 bacaleg)," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah saat dihubungi Rabu (31/7/2013).

Dia menjelaskan dari delapan bacaleg yang dicoret semua merupakan pria sehingga dipastikan tidak akan memengaruhi kuota 30% perempuan di dapilnya masing-masing. "Jadi tidak ada (pengaruh) karena semua calon yang dicoret adalah laki-laki," lanjut Ferry.

Lebih lanjut Ferry menjelaskan bahwa beberapa hal yang mengganjal pencalonan mereka di antaranya masih ada bacaleg yang menjabat di BUMN/BUMD, tersangkut kasus hukum atau tidak memenuhi syarat administrasi. "Melihat fakta tersebut maka mereka memang harus diganti," tegas Ferry.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9242 seconds (0.1#10.140)