Keluarga ujung tombak pembentukan karakter anak

Rabu, 24 Juli 2013 - 10:02 WIB
Keluarga ujung tombak pembentukan karakter anak
Keluarga ujung tombak pembentukan karakter anak
A A A
Sindonews.com - Satgas Perlindungan Anak (PA), berharap agar dalam perayaan Hari Anak Nasional tahun ini, merupakan momentum untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak di Indonesia.

"Kita mengharapkan ke depannya anak-anak Indonesia menjadi lebih peduli terhadap sesama," kata aktivis Satgas PA Natasya Thursdinty, lewat pesan singkatnya kepada Sindonews, Rabu (24/7/2013).

Menurutnya, untuk membentuk karakter dan kepribadian anak, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, hal yang paling menentukan adalah dimulai dari keluarga. "Keluarga sebagai ujung tombak pembentukan karakteristik anak, sehingga pandangan miring terhadap anak berkebutuhan khusus terhapuskan," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri peringatan Hari Anak Nasional di Gedung SMESCO UKM (SME Tower), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta, Selasa 23 Juli 2013.

Dalam kesempatan itu, SBY mengajak para orang tua di seluruh tanah air, untuk memenuhi hak anak-anak kita. "Mari kita rawat dan asuh anak-anak kita dengan penuh kasih sayang dan penuh tanggung jawab, utamanya bagi anak-anak kita yang berada pada usia emas (golden age)dari lahir hingga umur delapan tahun," ucapnya.

"Mari kita tumbuhkan keunggulan anak-anak kita dengan asah, asih, dan asuh, agar mereka tumbuh menjadi insan cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun, dan berakhlak mulia. Mari kita berikan gizi yang cukup dan seimbang, agar fisiknya tumbuh sehat dan kuat serta memiliki mental yang tangguh," tambahnya.

Lebih lanjut dia berpesan kepada para orang tua, untuk mendidik anak-anak kita agar mencintai bangsanya, mencintai negerinya, mencintai tanah airnya, menghormati guru dan pemimpinnya, serta sayang pada orang tua dan lingkungannya.

"Berikan pula pencerahan dan keteladanan, agar anak anak kita dapat belajar menghemat energi dan air. Berikan bimbingan terbaik kepada anak-anak kita, agar dapat hidup rukun, sayang kepada sesama dan kepada teman-temannya," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7441 seconds (0.1#10.140)