Komisi II DPR pertanyakan validitas data DPS KPU

Selasa, 16 Juli 2013 - 10:49 WIB
Komisi II DPR pertanyakan validitas data DPS KPU
Komisi II DPR pertanyakan validitas data DPS KPU
A A A
Sindonews.com - Komisi II DPR mempertanyakan validitas dan keakuratan data Daftar Pemilih Sementara (DPS). Data yang direkapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) berbeda dengan data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang direkapitulasi pemerintah.

Adapun data DPS yang disampaikan oleh KPU adalah 177.257.048 jiwa belum termasuk data pemilih dari Provinsi Sumatera Selatan, Maluku Utara dan Papua. Jumlah tersebut berbeda dengan data DP4 yang diumumkan oleh Pemerintah yakni 190.411.133 juta jiwa.

Ketua Komisi II Agun Gunanjar mempertanyakan perbedaan data antara KPU dengan pemerintah. Dirinya mengkhawatirkan perbedaan data DPS dan DP4 tersebut akan menimbulkan potensi untuk saling menyalahkan antara KPU dan pemerintah.

“Perbedaan data tersebut, sebaiknya dikembalikan kepada UU No 8 Tahun 2012 bahwa yang dijadikan dasar adalah DP4,” tegas Agun di Gedung DPR, Selasa (16/7/2013),

Sedangkan anggota Komisi II Chairun Nisa mengaku prihatin terhadap hasil DPS KPU yang datanya kurang valid dan akurat. “Kami khawatir masyarakat nantinya cenderung meragukan validitas dan akurasi data DPS KPU ini,” ucap Nisa.

Nisa juga melihat kinerja KPU yang kurang maksimal dan kurang greget dalam melakukan sosialisasi dan diseminasi informasi kepada masyarakat untuk secara sadar dan aktif mengecek data daftar pemilih tetap (DPT).

“Temuan saya di daerah-daerah, belum terlihat adanya ajakan massif KPU kepada masyarakat untuk secara sadar dan aktif mengecek dirinya apakah sudah terdaftar dalam DPT,” kata Nisa.

Oleh karena itu, menjelang proses pemutakhiran menuju DPT, Nisa meminta kepada KPU untuk memaksimalkan kinerjanya baik KPU pusat hingga KPU daerah sampai ke tingkat desa/kelurahan dalam hal sosialisasi dan informasi mengenai pemutakhiran data pemilih.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7522 seconds (0.1#10.140)