Dapil Jabar II lolos, Hanura beri apresiasi

Kamis, 11 Juli 2013 - 14:28 WIB
Dapil Jabar II lolos,...
Dapil Jabar II lolos, Hanura beri apresiasi
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Dossy Iskandar menilai, sikap yang diambil Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meloloskan caleg daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) II sudah tepat.

Menurutnya, langkah yang diambil KPU bentuk kecermatan lembaga penyelenggara pemilu, dalam melihat sebuah kasus sengketa pemilu. Kata dia, KPU cenderung secara bijak mengikuti mekanisme yang ditempuh Bawaslu.

"Artinya KPU sungguh mencermati dan kemudian melihat realitas ini," ujar Dossy, kepada Sindonews.com, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Dia menuturkan, kasus di Dapil Jabar II menurutnya sebatas kesalahan teknis antara petugas KPU dan di internal partainya.

"Ini tentu menjadi bagian penting bagi KPU. Ini hanya persoalan teknis antara petugas partai dengan petugas KPU," tuturnya.

Dia melanjutkan, kesalahan yang mengakibatkan dicoretnya Dapil Jabar II sebelumnya faktor ketidak sengajaan dari kedua belah pihak, baik KPU maupun Partai Hanura.

Untuk diketahui, Dalam amar putusan tersebut dijelaskan, untuk Dapil Jabar II, Partai Hanura tidak diperkenankan menambah dan mengubah komposisi susunan caleg, sebagaimana telah diajukan ke KPU pada tanggal 22 Mei 2013 lalu.

Selain itu, Partai Hanura juga dituntut harus memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, dengan menerapkan pola zipper system. Artinya dalam penempatan tiga caleg harus terdapat satu caleg perempuan.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8875 seconds (0.1#10.140)