Konvensi Demokrat akan libatkan 5 lembaga survei

Jum'at, 05 Juli 2013 - 17:39 WIB
Konvensi Demokrat akan libatkan 5 lembaga survei
Konvensi Demokrat akan libatkan 5 lembaga survei
A A A
Sindonews.com - Rencana Partai Demokrat dalam menjaring calon presiden (capres) melalui mekanisme konvensi, akan melibatkan sedikitnya lima lembaga survei di Indonesia.

Hal itu dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Andi Nurpati, usai menjadi pembicara dalam diskusi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Metode dibuka untuk publik bukan di interrnal. Tidak seperti Golkar bisa dikondisikan. Mekanisme pemilihan dilakukan survei, tidak hanya dua lembaga survei, ada lima survei yang sedang dibahas," kata Andi, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2013).

Selain itu, kata Andi, belum jelas apakah lembaga survei tersebut menentukan capres hingga mencapai 10 calon atau hanya dibatasi sampai lima calon saja. Hal demikian kata dia, masih dalam kajian di internal partainya.

"Apakah sepuluh yang akan dibahas, siapa yang diputuskan, ataukah hanya lima besar hasil survei tertinggi dari survei yang ada di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat telah melakukan penjaringan beberapa nama capres yang akan diusung partai berlambang bintang itu. Beberapa nama yang santer masuk dalam radar Demokrat seperti Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Irman Gusman, Marzuki Ali dan belakangan nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), disebut-sebut masuk dalam daftar yang akan diundang partai yang diketuai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7541 seconds (0.1#10.140)