17 adegan rekonstruksi kasus Hakim Setyabudi

Rabu, 03 Juli 2013 - 15:08 WIB
17 adegan rekonstruksi kasus Hakim Setyabudi
17 adegan rekonstruksi kasus Hakim Setyabudi
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 17 adegan diperagakan oleh tiga tersangka kasus suap bantuan sosial (bansos) Kota Bandung. Rekonstruksi ini digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Rabu (3/7/2013).

Kepala Humas PN Bandung Djoko Indriarto mengatakan, rekontruksi kali ini hanya melibatkan tiga tersangka. Mereka adalah mantan Wakil Ketua PN Bandung Setyabudi Tedjocahyono, Toto Hutagalung dan Asep Triana.

"Ini yang punya hajat KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Jadi yang punya kewenangan menjelaskan rinci KPK. Saya hanya bisa membenarkan memang tadi ada rekonstruksi atas kasus suap hakim Pak Setyabudi," tuturnya kepada wartawan, Rabu (3/7/2013).

Dia menyampaikan, dari 17 adegan tersebut terdapat adegan mulai dari pertemuan, penyerahan uang, penyimpanan uang hingga tertangkap tangannya Setyabudi dan Asep sebagai kurir. "Semuanya memerankan dirinya sendiri. Saksi-saksi juga ada dan memerankan dirinya sendiri," tuturnya yang ikut menyaksikan rekosntruksi tersebut dari awal hingga akhir.

Dia menambahkan, ada beberapa titik yang menjadi tempat rekonstruksi. Diantaranya ruang Wakil Ketua PN sebagai tempat transaksi, ruang mediasi sebagai tempat istirahat dan ruang Panitera sebagai ruang transit.

Dalam seluruh rangkaian rekonstruksi, satu orang tersangka yakni Herry Nurhidayat yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kadispenda tidak dilibatkan. Alasannya, karena tidak pernah berhubungan langsung dengan lingkungan PN Bandung.

Setelah seluruh rangkaian usai, keempatnya pun kembali dibawa dengan mobil tahanan dan pengawalan polisi untuk menjalani rekonstruksi lanjutan di lokasi yang berbeda.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1171 seconds (0.1#10.140)