Hari ini, Kompolnas interview calon Kapolri

Selasa, 25 Juni 2013 - 11:51 WIB
Hari ini, Kompolnas interview calon Kapolri
Hari ini, Kompolnas interview calon Kapolri
A A A
Sindonews.com - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Hamidah Abdurrahman mengatakan, hari ini Kompolnas mengagendakan pemanggilan terhadap mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Tubagus Anis Angka Wijaya.

Selain, Tubagus, Kompolnas juga memanggil Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Bayu Seno. Pemanggilan itu untuk melakukan tatap muka wawancara terkait pergantian calon Kapolri.

"Hari ini yang akan hadir, Irjen Tubagus Anis Angka Wijaya dan Putut Bayu Seno," kata Hamidah di gedung Rupatama Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013).

Hamidah menyampaikan, sebenarnya Kompolnas mengagendakan dua orang perhari. Namun, kemarin Wakabareskrim Irjen Pol. Anas Yusuf tidak hadir. Jadi, lanjut Hamidah, hanya Kakorlantas Irjen Pol. Pudji Hartanto yang melakukan wawancara.

"Sebenarnya kita menjadwalkan dua orang per hari. Tapi kemarin karena Anas Yusuf (Wakabareskrim) tidak hadir jadi hanya satu yang kita wawancara," kata Hamidah.

Dia menambahkan, wawancara terakhir akan dilakukan Kamis, 27 Juni 2013 dan Minggu pertama bulan Juli mendatang. Namun, ditegaskan olehnya, penentuan siapa yang akan menjadi Kapolri adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Kami hanya mengusulkan calon Kapolri, " tegasnya.

Hamidah mengaku, Selain perwira tinggi senior Polri, Calon Kapolri juga harus memiliki pendidikan dan pengalaman. Misalnya pernah menjabat sebagai Kapolda tipe A.

"Kami juga akan menggali perwira tinggi senior bintang dua, untuk mengikuti seleksi Kapolri. Tentu ada tahapan khusus yang mereka lakukan," ujar Hamidah.

Sementara itu, kata Hamidah, Jenderal Bintang Tiga yang belum pernah menjabat sebagai Kapolda tipe A, akan dilihat faktor pendukung lainnya. "Mungkin prestasi dibidang yang lain bisa jadi pertimbangan," tandasnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9131 seconds (0.1#10.140)