Indonesia beri rumpin untuk tingkatkan ekonomi Timor Leste

Jum'at, 21 Juni 2013 - 17:32 WIB
Indonesia beri rumpin untuk tingkatkan ekonomi Timor Leste
Indonesia beri rumpin untuk tingkatkan ekonomi Timor Leste
A A A
Sindonews.com - Tidak hanya memberikan rumah pintar (rumpin) ke Timor Leste, Indonesia juga akan membantu masyarakat negara itu agar mampu meningkatkan pola pikir. Seperti, program kesejahteraan masyarakat dalam memberantas buta huruf, diikuti dengan pemberdayaan kerajinan, serta pemanfaatan lingkungan.

"Program ini bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Timur Leste. Nanti, akan ada kegiatan kerajinan tangan, pertanian, peternakan dan yang lain," kata Ketua I Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Oktiniwati Ulfa Dariah Rajasa saat berkunjung ke Rumpin Cakra Cendikia I, Kostrad 328 Cilodong, Depok, Jumat (21/06/2013).

Pada kesempatan itu, istri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa ini mengatakan, rumpin yang sudah tersebar di tanah air saat ini telah menjadi acuan bagi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menggas pendidikan non-formal di setiap negara tertinggal.

Dia mencontohkan, seperti Afrika, Mesir, India, Pakistan dan sejumlah negara lain. Artinya, penerapan itu telah menghantarkan tanah air memajukan bangsa dibidang pendidikan.

"Dari 2001 sudah dijalankan rumpin. Yang jelas di rumpin ini sudah mengadopsi pendidikan inklusi yang dapat merangsang pola pikir anak dan kaum ibu," tukasnya.

Sebelumnya, Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono mengatakan, dalam waktu dekat Indonesia akan memberikan bantuan satu unit rumah pintar (rumpin) dan satu unit rumpin keliling untuk Timor Leste. Soalnya, negara yang lepas dari NKRI tahun 1999 itu tidak memiliki fasilitas pendidikan non-formal.

"Bantuan ini dalam rangka kerja sama antar negara. Di Timur Leste belum ada pendidikan non-formal jadi mau hal ini yang membuat kami berinisiatif memberikan bantuan pendidikan ini ke mereka," kata wanita yang memiliki nama lengkap Kristiani Herawati ini.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4544 seconds (0.1#10.140)