Pesan Trisuci Waisak: Jangan ambil harta rakyat

Senin, 17 Juni 2013 - 04:35 WIB
Pesan Trisuci Waisak: Jangan ambil harta rakyat
Pesan Trisuci Waisak: Jangan ambil harta rakyat
A A A
Sindonews.com - Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) menggelar puncak peringatan Hari Raya Trisuci Waisak, di Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta, Minggu (16/6/2013).

Sekretaris Jenderal KASI sekaligus penanggung jawab acara Bhikkhu Dhammakaro mengatakan, perayaan hari raya Trisuci Waisak tahun ini mengangkat tema "Kejujuran Pembangkit Kesejahteraan Bangsa". Tema tersebut sengaja diusung dengan harapan dapat menyadarkan seluruh umat Buddha maupun masyarakat Indonesia dan dunia akan sikap mental yang jujur.

"Bahwasannya tanpa kejujuran sikap mental, maka upaya mewujudkan kehidupan yang sejahtera menjadi sangat sulit," katanya.

Ia menjelaskan, sikap mental kejujuran bisa teraplikasi dalam tindakan, ucapan dan pikiran, di negeri ini tidak ada kembali korupsi, mengambil harta rakyat, berbohong, janji kosong, kebencian, itikad sesat, menghasut dan provokasi jahat.

"Bila sikap mental itu terlaksana, cita-cita luhur yang diharapkan yakni kehidupan bangsa yang sejahtera akan dapat terwujud," tukasnya..

Menurut Bhikkhu, acara puncak peringatan perayaan waisak 2557 Buddhis Era ini juga dihadiri perwakilan dari Menteri Agama, Dirjen Bimas Buddha Dkoko Wuryanto beserta Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Trisuci waisak 2557 Buddhis Era merupakan tiga peristiwa agung.

"Pertama, lahirnya calon Buddha (Boddhisatta) di dunia. Kedua, Pencerahan Agung (Siddhattha menjadi Buddha). Ketiga, Buddha mangkat (Buddha parinibbana)," terangnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3809 seconds (0.1#10.140)