Kapal ekspedisi Kesra bawa bantuan ke pulau terpencil

Selasa, 11 Juni 2013 - 15:24 WIB
Kapal ekspedisi Kesra bawa bantuan ke pulau terpencil
Kapal ekspedisi Kesra bawa bantuan ke pulau terpencil
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono melepas ekspedisi bhakti kesra nuantara III 2013 di Kolinlamil Tanjung Priok.

Kegiatan ini juga dihadiri Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men PP dan PA).

Agung mengatakan, kegiatan ini diperhitungkan untuk mempererat keutuhan bangsa dan terutama kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil. Selain itu pembangunan wilayah tersebut untuk membangkitkan dan perkokoh negara Indonesia.

"Ini adalah kegiatan yang merupakan bagian dari Sail Komodo yang akan dilaksanakan September 2013 yang menjadi rangkaian untuk masyarakat terpencil," tandasnya saat memberikan sambutan dalam upacara pelepasan ekspedisi bhakti kesra nusantara III.

Agung mengatakan, dalam ekspedisi ini akan dilaksanakan pada dua tahap ke daerah timur dan barat. Pada tahap pertama pada daerah barat dari 11-20 juni 2013 dengan tujuan pulau Tello kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara. Pulau Siberut dan Pulau Sipura Kabupaten Kepulauan Mentawai provinsi sumatera Barat

sedangkan pada tahap kedua wilayah timur akan dilaksanakan pada 29 Agustus-17 September 2013 dengan tujuan pulau Kayuwadi Kabupaten Selayar provinsi Sulawesi Selatan. Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sumba dan Pulau Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timut (NTT).

Menurutnya, beberapa daerah tersebut masih banyak kekurangan dari segi pendidikan, kesehatan, dan pertumbuhan ekonomi serta infrastruktur yang belum terpenuhi. Didaerah terpencil harga barang-barang pokok jauh lebih mahal dari harga pasar. Karena sulitnya lokasi yang jauh dan susah ditempuh.

Selanjutnya, kapal ekspedisi bhakti kesra nusantara III akan membawa bantuan-bantuan sosial seperti buku-buku sekolah, buku agama, buku pelajaran, makanan, sembako, air mineral, peralatan olahraga, truk sampah dan mobil tangki air

"Kita juga akan adakan pasar murah yang harganya jauh lebih murah, agar dapat masyarakat membeli keperluan sehari-hari dan bisa di simpan dalam jangka lama," tegasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4643 seconds (0.1#10.140)