Kemenakertrans tambah 15 loket di Arab Saudi

Selasa, 11 Juni 2013 - 12:50 WIB
Kemenakertrans tambah...
Kemenakertrans tambah 15 loket di Arab Saudi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kementrans) telah menambah 15 loket di tiga tempat di Arab Saudi menghadapi banyaknya pembuat Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

Sekjen Kemenakertrans RI Muchtar Lutfi mengatakan, mulai kemarin pemerintah telah menambah 15 outlet di tiga titik yaitu Jedah, Riyad, dan Madinah. Penambahan tersebut diharapkan meminimalisir antrean pembuat SPLP dari tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Targetnya sekitar 5.000 orang per hari bisa dilayani," jelas Muchtar Lutfi ketika ditemui pada acara internasional forum bisnis di Hotel Banana Inn, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, kemarin. Menurut dia, ada sekitar 50.000 TKI yang diperkirakan akan membuat SPLP.

Selain menambah loket pendaftaran, Kemenakertrans juga mengirimkan tenaganya untuk membantu tim yang sudah ada di sana.

Selain mendatangkan orang dari Indonesia, pihaknya juga akan merekrut tenaga lokal yang ada di Arab Saudi. "Targetnya tidak ada antrean lagi," pungkas dia.

Menurut dia, kericuhan yang terjadi, tak lepas dari provokator-provokator yang mengatakan informasi bahwa hari Minggu kemarin adalah hari terakhir pendaftaran. Sehingga mereka berdesak-desakan dan terjadi keributan.

"Kita terus melakukan rapat koordinasi dengan Kemlu, Kemenag, Kemenkumham secara terus menerus dan memantau perkembangan yang ada di sana di samping instruksi-instruksi untuk peningkatan pelayanan," imbuhnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6866 seconds (0.1#10.140)