Penghargaan ACF tak pas untuk SBY

Jum'at, 31 Mei 2013 - 13:12 WIB
Penghargaan ACF tak...
Penghargaan ACF tak pas untuk SBY
A A A
Sindonews.com - Menurut mantan Juru Bicara Kepresidenan era Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie Massardie mengatakan, penghargaan negarawan dunia 2013 atau World Statesman Award dari Appeal of Conscience Foundation (ACF), tak pantas diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sebenarnya tidak ada alasan yang pas dan jelas SBY menerima gelar itu," ujar Adhie Massardie kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Jumat (31/5/2013).

Adhie yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) menjelaskan, toleransi kehidupan keberagamaan di Indonesia sudah dibangun cukup lama oleh para pendiri bangsa.

Justru di era Pemerintahan SBY, lanjut dia, keharmonisan umat beragama itu mendapat gangguan yang signifikan dan berlanjut, karena adanya pembiaran yang dilakukan rezim SBY terhadap kelompok-kelompok intoleran.

"Jangankan memelihara kehidupan keberagamaan bangsanya, mengamalkan pluralisme di kalangan anggota kabinet dan partainya (Partai Demokrat) saja SBY tidak becus. Buktinya, Sekretaris Kabinet Dipo Alam tetap sekterian, sehingga bisa leluasa menghujat Romo Magnis (FMS) hanya
karena Romo Magnis mengeritik SBY yang Muslim. Lalu, caleg kebanggan Partai Demokrat Farhat Abbas yang rasis, menghujat Wagub DKI Jakarta karena Ahok etnis Tionghoa," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden SBY telah menerima penghargaan negarawan dunia 2013 dari ACF. Perhargaan tersebut diberikan disela-sela kunjungan kerja Presiden SBY ke New York, AS, dalam rangka penyerahan hasil panel tingkat tinggi program pembangunan pasca MDG's 2015 di Markas PBB.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8874 seconds (0.1#10.140)