Minim kaderisasi, parpol masih andalkan politik transaksional

Senin, 29 April 2013 - 11:08 WIB
Minim kaderisasi, parpol masih andalkan politik transaksional
Minim kaderisasi, parpol masih andalkan politik transaksional
A A A
Sindonews.com - Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate, Ari Nurcahyo mengatakan, menteri yang ikut mencalonkan diri sebagai calon anggota (caleg) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2013 mendatang, menandakan belum optimalnya kaderisasi partai.

"Menjadi wakil rakyat tidak cukup hanya memiliki popularitas. Integritas, rekam jejak, dan kapabilitas, semestinya menjadi prasyarat yang dikedepankan partai," kata Ari di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, adanya fenomena tersebut, semakin menunjukkanb bahwa proses politik di Indonesia saat ini belum menunjukkan perbaikan.

"Fenomena tersebut memperlihatkan bahwa politik kepartaian kita kian kuat diarahkan pada proses-proses yang sifatnya transaksional dan prosedural belaka," tuntasnya.

Sebelumnya dia menyatakan, 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 dinilai tidak optimal dalam melakukan rekruitmen dan kaderisasi untuk pesta demokrasi tahun depan. "Partai politik tidak optimal dalam menjalankan fungsi kepartaian, terutama fungsi rekrutmen dan kaderisasi," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8144 seconds (0.1#10.140)