Kemendikbud investigasi proses tender UN 2013

Selasa, 16 April 2013 - 17:48 WIB
Kemendikbud investigasi proses tender UN 2013
Kemendikbud investigasi proses tender UN 2013
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 gagal digelar secara serentak, banyak masalah teknis di lapangan termasuk keterlambatan soal di beberapa daerah.

Inspektorat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Haryono Umar langsung melakukan investigasi termasuk proses tender.

"Investigasi masih jalan, akan pertanyakan semua, jadi belum tahu seperti apa," kata Haryono saat ditemui wartawan di kantornya, Jalan Sudirman, Selasa (16/4/2013).

Dalam investigasi tersebut, kata dia, pihaknya menerjunkan lima orang mengenai proses tender tersebut. Namun sampai saat ini pihaknya belum bisa menyimpukan apakah terjadi pelanggaran atau dugaan tindak pidana korupsi. Karena, hingga kini tim tersebut masih mengerjakan tugasnya.

"Apakah benar (dugaan korupsi), saya kurang tahu. Mudah-mudahan tim bisa mengumpulkan data, dan ada kesimpulannya," kata dia.

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil investigasi timnya. Maka itu, dia tidak belum mengetahui duduk persoalannya, kenapa PT Ghalia Indonesia Printing terpilih menjadi pemenang tender.

"Nanti kita akan lihat, tim mengumpulkan (data) itu. Apa alasannya, kenapa yang dipilih yang lebih tinggi (harganya), kita akan lihat semua alasannya," kata dia.

Kendati demikian, kata dia, tentu tim yang dibentuk mempunyai kelemahan tertentu, berbeda jauh dengan penegak hukum ketika menyelidiki suatu kasus.

"Cuma kita punya kelemahan, untuk perusahaan tidak leluasa, kalau berkunjung ke sana tergantung di sana (perusahaan), beda dengan penegak hukum," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7137 seconds (0.1#10.140)