Biaya Rp300 juta, RSCM berhasil lakukan transplantasi ginjal

Selasa, 16 April 2013 - 03:07 WIB
Biaya Rp300 juta, RSCM berhasil lakukan transplantasi ginjal
Biaya Rp300 juta, RSCM berhasil lakukan transplantasi ginjal
A A A
Sindonews.com - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, telah berhasil melakukan transplantasi ginjal terhadap seorang pasien yang bernama Cliff Yehezkiel Mambu (13), dengan biaya Rp300 juga.

Anak dari pasangan Sherly Mambu (30) dan James Mambu (38) itu telah mengalami gagal ginjal kronik stadium 5 sejak 2010 lalu. Sedangkan opersi itu dilakuakn pada 13 Maret 2013 lalu.

"Cliff telah mendapatkan donor ginjal dari seorang laki-laki yang berumur 21 tahun," ujar Ibunda Clif, Sherly yang ditemui di RSCM, Jalan Diponegoro Nomor 71, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2013).

Dia juga mengatakan, sampai saat ini dokter belum bisa memberitahukan penyebab gagal ginjal itu. Tapi dia mengatakan, pada mulanya sakit itu dari membengkaknya amandel yang diderita Clif sebelumnya bembengkak. Bahkan pernah mengeluarkan nanah dan darah.

"Kasian Cliff dia sampai susah untuk menelan ludah saat itu. Kita langsung bawa ke rumas sakit (RS) dan semenjak itu dokter mendiagnosisi gagal ginjal," ujarnya.

Sherly memaparkan, sejak September 2010 Cliff harus melakukan cuci darah rutin layaknya penderita gagal ginjal lainya. Karena Cliff tinggal di dalam pelosok Gorontalo yaitu Kabupaten Pohuwato, dokter menyarankan untuk menggunakan Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD) suatu mesin cuci darah yang ditanam di dalam perut sebelah kanan yang dibeli di Malaysia.

"Kurang lebih dua tahun Cliff menggunakan itu, namun pasca sebelum operasi Cliff juga melakukan cuci darah Hemodialisa (cuci darah dengan mesin)," terangnya.

Lanjut dia, banyak hal yang harus diperhatikan dan dijaga untuk terus mengontrol kesehatan Cliff. Seperti pola makannya, kondisi udara ruangan di rumah, obat-obatnya dan lainya.

"Jika Cliff mulai mengeluh sesak napas, panas bahkan sampai kejang kita harus cepat membawanya ke RS. Tensi darah Cliff pernah mencapai 210/135 dan kolesterolnya mencapai 500," ucapnya.

Saat ini, kondisi Cliff perlahan mulai membaik. Walaupun berat badan-nya masih 17kilogram dan tingginya 116 centimeter. Lanjutnya, setelah operasi, anaknya tidak pernah mengeluh sakit dan bisa melakukan aktivitas seperti layaknya anak-anak lainya. "Tetapi kita terus mengontrol pola makan dan kehidupannya terlebih pada kuman," kata dia.

Dia berharap, anaknya dapat bertahan hidup dengan tiga ginjal di dalam tubuhnya. Walaupun hanya satu yang berfungsi. "Saya tidak dapat menghitung berapa biaya yang dikeluarkan, buat saya dan suami tidak penting. Yang penting anak saya bisa tetap hidup," tambahnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4895 seconds (0.1#10.140)