Majunya PT tergantung dosen & mahasiswa

Kamis, 11 April 2013 - 16:32 WIB
Majunya PT tergantung dosen & mahasiswa
Majunya PT tergantung dosen & mahasiswa
A A A
Sindonews.com - Mantan Dirjen Dikti Satrio Sumantri Brojonegoro menuturkan, munculnya konsep Badan Layanan Umum (BLU) Perguruan Tinggi (PT) menunjukkan pemerintah belum lepas dari dari sindrom, ‘yang benar itu selalu pemerintah’, sehingga kekuasaan menjadi yang dominan.

Menurutnya, adanya kondisi ini menunjukkan rendahnya posisi PT dalam tatanan pemerintahan. Padahal kunci suksesnya kemajuan dari PT terletak pada modal kreativitas terbaik dari dosen dan mahasiswanya.

“Bukan kepatuhan yang dibutuhkan tapi kreativitas. Dan pemerintah seharusnya mendorong PT untuk melaksanakan kemandirian pengelolaan PT lewat pemberian otonomi. Semua kampus harus otonom, tugasnya pemrintah untuk mendorong supaya bisa otonom, bukan sekedar menilai,” kata Satrio di UGM, Yogyakarta, Kamis (11/4/2013).

Satrio menyebutkan beberapa kampus di Asia seperti Malaysia, Thailand, Jepang ,dan China mengalami kemajuan pesat dibanding Indonesia. "Karena telah melaksanakan otonomi PT yang begitu luas," pungkasnya.

Sebelumnya, pemberlakukan otonomi Perguruan Tinggi (PT) menjadi keharusan untuk diterapkan pemerintah pada semua jenjang PT di seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan pendidikan tinggi nasional di tingkat internasional. Adanya konsep BLU PT diakui beberapa pengamat pendidikan, sebagai sebuah kemunduran.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9584 seconds (0.1#10.140)