Ikut UN, tunanetra disediakan soal huruf braille

Selasa, 09 April 2013 - 15:48 WIB
Ikut UN, tunanetra disediakan soal huruf braille
Ikut UN, tunanetra disediakan soal huruf braille
A A A
Sindonews.com - Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dikpora) DIY telah menyiapkan soal ujian nasional (UN) dengan huruf yang diperbesar bagi para penyandang low vision (keterbatasan penglihatan).

Dikpora juga menyediakan soal UN dengan huruf braille bagi para penyandang tuna netra yang mengikuti UN pada tahun ajaran 2012/2013 ini. Soal tersebut dibuat langsung oleh tim Dikpora sendiri.

"Bagi penyandang low vision dan tuna netra kita sediakan soal khusus bagi mereka. Namun, jika tetap tidak terbaca kita juga menyediakan petugas pendamping untuk membacakan soal. Ada penambahan waktu pengerjaan soal untuk kedua disabilitas yaitu 45 menit dari waktu pada umumnya," ujar Kepala Dikpora DIY Baskara Aji, di ruang kerjanya, di Yogyakarta, Selasa (9/4/2013).

Menurutnya, petugas yang membacakan soal bagi low vision maupun tuna netra disediakan satu orang untuk setiap mata pelajaran. Petugas ini diambilkan dari guru mata pelajaran yang bersangkutan. Jumlah penyandang disabilitas untuk mata ini sebanyak 29 siswa.

Mereka dari tingkat SD hingga SMA yang akan mengikuti UN tahun ini. Dari jumlah tersebut 18 diantaranya tunanetra sehingga disediakan soal UN huruf braille, satu siswa mengalami kebutaan sebelah, dan 10 siswa lainnya low vision. "Mereka kita sediakan soal dengan font huruf diperbesar dengan ukuran font dari 20 hingga 48," kata Aji.

Diketahui, pelaksanaan UN di DIY sendiri akan dimulai Senin 15 sampai 19 April mendatang untuk tingkat SMA/MA dan SMK. Sedangkan tingkat SMP akan digelar sepekan berikutnya. UN tingkat SD sendiri digelar awal Mei yaitu 6-8 Mei mendatang. Jumlah peserta UN tahun ini di DIY sebanyak 151.520 siswa.

Mereka terdiri atas siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Kelas Akselerasi dan Kejar Paket A,B dan C serta Paket Kejuruan. Pelaksanaan UN tahun ini dilakukan di 3.075 sekolah di DIY.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0434 seconds (0.1#10.140)