Kriminolog UI: Polisi harus lindungi masyarakat

Senin, 08 April 2013 - 09:34 WIB
Kriminolog UI: Polisi harus lindungi masyarakat
Kriminolog UI: Polisi harus lindungi masyarakat
A A A
Sindonews.com - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Muhammad Mustofa mengatakan, ketika angka kriminalitas meningkat, maka yang pertama menjadi sorotan adalah kinerja penegak hukum.

Kondisi itu menggambarkan lemahnya sistem pengendalian sosial dan hukum. Yang paling menjadi sorotan dalam hal ini adalah kepolisian. Pasalnya, tugas utama polisi modern adalah memberikan perlindungan dan rasa aman pada masyarakat.

"Tidak hanya kepolisian tetapi juga penegak hukum saat putusan terhadap pelaku tindak kejahatan. Narapidana kriminal kerap mendapat perlakuan tidak adil dan diskriminatif dalam penjara. Berbeda dengan narapidana kasus korupsi yang bisa istirahat di rumah sakit," kata Mustofa, di Depok, Senin (8/4/2013).

Menurutnya, ada kesalahan pada penegakan hukum di Indonesia. Untuk menciptakan rasa aman pada masyarakat, seharusnya polisi mengubah strategi dengan tidak melulu memberikan pelayanan pada pejabat namun mengesampingkan masyarakat.

Dia menambahkan, saat ini, polisi lebih memberikan pengawalan terhadap pejabat yang hendak melintas di jalan raya. Tapi, mereka kurang memberikan perlindungan pada masyarakat di jalan raya dan angkutan kota. Untuk itu harus apa reformasi birokrasi kepolisian.

"Tugas polisi modern adalah melindungi masyarakat. Beri perlindungan pada masyaarakat, jangan hanya mengawal pejabat saja. Lihat saja, kalau ada pejabat yang hendak lewat jalan raya sudah terlihat polisi berjejer. Padahal, tugas mereka adalah memberikan perlindungan pada masyarakat. Ini yang harus diubah," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9643 seconds (0.1#10.140)