Jepang jadi contoh Indonesia soal tenaga kerja

Minggu, 07 April 2013 - 22:48 WIB
Jepang jadi contoh Indonesia soal tenaga kerja
Jepang jadi contoh Indonesia soal tenaga kerja
A A A
Sindonews.com - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) sudah merintis adanya pusat pelayanan tenaga kerja seperti yang ada di Jepang dan Australia.

Hal itu dikatakan Direktur Pengembangan Pasar Kerja Ditjen Binapenta Kemenakertrans Budi Hartawan. Dia mengakui, keduanya memang menjadi model percontohan pusat pelayanan tenaga kerja di Indonesia.

"Dengan adanya pusat pelayanan tenaga kerja maka calon pegawai dapat dibantu disalurkan untuk diterima kerja sesuai dengan kualifikasi perusahaan," ungkapnya usai mengunjungi Kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Pasuruan, Minggu (7/4/2013).

Sementara ini ada 33 pusat pelayanan kerja percontohan yang akan dibangun di 33 provinsi. Beberapa diantaranya akan dibangun di Aceh, Langkat, Padang, Pekanbaru, Jambi, Muara Enim, Kaum, Lampung Selatan, Bangka, Batam, Jakarta Selatan, Bogor, Pati, Sleman, Cilegon, Pasuruan, Tabanan dan Lombok Tengah.

Selanjutnya akan dibangun di Kupang, Pontianak, Tanah Laut, Kapuas, Samarinda, Mamuju, Gowa, Donggala, Kendari, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura dan Sorong. "Pusat pelayanan ini akan mempercepat penyerapan tenaga kerja," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3834 seconds (0.1#10.140)