Anies Baswedan tegaskan Komite Etik independen

Selasa, 02 April 2013 - 14:38 WIB
Anies Baswedan tegaskan Komite Etik independen
Anies Baswedan tegaskan Komite Etik independen
A A A
Sindonews.com - Ketua Komite Etik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Anies Baswedan mengatakan, pihaknya tidak bisa diintervensi oleh siapapun. Pasalnya, di mata hukum semua sama.

"Komite Etik akan selalu independen dan memastikan etika ditegakkan," kata Rektor Universitas Paramadina melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa (4/3/2013).

Sekadar diketahui, hingga saat ini Komite Etik KPK belum mengambil kesimpulan terkait sanksi bagi pembocor draf surat perintah penyidikan (sprindik) atas nama Anas Urbaningrum.

"Komite Etik belum memutuskan dan keputusan komite bisa menyatakan tidak ada pelanggaran dan bisa juga ada pelanggaran. Jika ada pelanggaran, maka komite akan menilai apakah pelanggarannya masuk kategori ringan, sedang atau berat," kata Anies.

Disinggung apakah hari ini Komite Etik akan mengumumkan nama pembocor dan sanksinya, Rektor Universitas Paramadina membantah hal itu. "Bukan hari ini," ujarnya.

Anies Baswedan menampik isu yang menyebutkan kedekatannya dengan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, yang juga menduduki posisi anggota Komite Etik, untuk menyingkirkan Abraham Samad dari jabatan ketua KPK. "Maaf dalam sidang Komite Etik. Tidak bisa bicara," paparnya.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, Komite Etik dibuat oleh Pimpinan KPK. Jadi, pimpinan KPK-lah yang sejak awal telah menyimpulkan ada dugaan pelanggaran Kode Etik pimpinan. "Sehingga perlu Komite Etik," ungkapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5694 seconds (0.1#10.140)