Setelah lawatan ke Swedia, SBY terima penghargaan di AS

Senin, 27 Mei 2013 - 08:02 WIB
Setelah lawatan ke Swedia, SBY terima penghargaan di AS
Setelah lawatan ke Swedia, SBY terima penghargaan di AS
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono serta delegasi melakukan kunjungan ke Swedia dan Amerika Serikat.

Kunjungan dijadwalkan hingga 2 Juni 2013 nanti. Pukul 08.00 WIB, pesawat khusus Kepresidenan Airbus 330-300 yang mereka tumpangi berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Kunjungan kenegaraan ke Swedia itu dilakukan atas undangan Raja Carl XIV Gustav.

Sedangkan kunjungan kerja ke AS adalah untuk menghadiri pertemuan kelima High-Level Panel of Eminent Persons on the Post-2015 Development Agenda dan menyampaikan laporan akhir Panel ke Sekretaris Jenderal PBB.

Rangkaian lawatan itu akan diawali dengan kunjungan kenegaraan ke Stockholm, Swedia pada 27-29 Mei 2013.

Selama di Swedia, SBY dijadwalkan akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Raja Swedia, Y.M. Carl XVI Gustaf, melakukan pertemuan bilateral dengan PM Swedia, Y.M. Fredrik Reinfeldt dan Ketua Parlemen Swedia, Y.M. Per Westerberg.

Dalam rangkaian pertemuan tersebut, akan dibahas isu-isu yang menjadi kepentingan kedua negara, utamanya di bidang ekonomi, lingkungan hidup dan perubahan iklim, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, riset, dan teknologi.

Selain itu akan dilakukan tanda tangan sejumlah nota kesepahaman, antara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, dan kesehatan.

Selain pertemuan dengan pejabat tinggi Swedia, Presiden RI juga dijadwalkan akan menerima sejumlah CEO perusahaan terkemuka Swedia, antara lain CEO Business Sweden, CEO IKEA, dan pemimpin perusahaan Investor AB.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan para pelaku bisnis utama Swedia akan semakin diyakinkan atas potensi investasi di Indonesia.

Dari Swedia, Presiden RI beserta delegasi akan bertolak menuju New York, AS. Pertemuan kelima Panel Tingkat Tinggi PBB Mengenai Agenda Pembangunan Pasca 2015 (UN High-Level Panel of Eminent Persons on the Post-2015 Development Agenda) diadakan di Markas Besar PBB di New York.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan terakhir Panel Tingkat Tinggi setelah empat pertemuan sebelumnya, masing-masing di New York, AS (September 2012), London, Inggris (November 2012), Monrovia, Liberia (Februari 2013), dan Bali, Indonesia (Maret 2013).

Pertemuan kelima Panel Tingkat Tinggi akan dipimpin oleh Presiden RI dan akan membahas Laporan Akhir Panel serta pengesahan Laporan tersebut.

Selanjutnya, Presiden RI atas nama Ketua Bersama dan Anggota Panel akan menyerahkan Laporan tersebut kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon. Presiden RI juga akan menghadiri sidang Majelis Umum PBB untuk menyampaikan briefing terkait Laporan tersebut kepada Presiden Majelis Umum PBB dan para anggota PBB.

Bertepatan dengan keberadaan Presiden RI di New York, organisasi nirlaba Appeal of Conscience Foundation (ACF) akan memberikan penghargaan World Statesman Award.

SBY akan menerima penghargaan ini karena dianggap memajukan masyarakat yang demokratis, ikut menciptakan tatanan internasional yang lebih damai, dan dalam mendorong kemajuan yang lebih besar atas penghormatan HAM, kebebasan beragama dan hubungan antar-peradaban.

SBY dan Ibu Negara beserta delegasi akan meninggalkan New York 31 Mei 2013 dan akan tiba di tanah air 2 Juni 2013.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6034 seconds (0.1#10.140)