Dosen diimbau bisa menulis di jurnal internasional

Selasa, 05 Maret 2013 - 17:34 WIB
Dosen diimbau bisa menulis di jurnal internasional
Dosen diimbau bisa menulis di jurnal internasional
A A A
Sindonews.com - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gajah Mada (UGM) terus berupaya mendorong publikasi dosen di tingkat internasional.

Pasalnya, hingga kini setidaknya 50 persen dosen, baik dosen swadana, dosen luar biasa maupun dosen aktif Fakultas Kedokteran UGM belum memiliki publikasi internasional yang terindeks di Scopus dan Medline (PubMed).

Hanya dosen dalam kategori emeritus sebanyak sembilan orang telah memiliki publikasi yang terindeks di PubMed.

“Hal ini menjadi tantangan utama dalam publikasi internasional untuk kemudian mendorong seluruh dosen untuk menulis di jurnal internasional,” kata Dekan FK UGM Prof Dr dr Teguh Aryandono SpB(K)Onk, saat menyampaikan laporan tahunan dekan dalam peringatan dies natalis FK ke-67 di Auditorium FK UGM, Yogyakarta, Selasa (5/3/2013).

Teguh menyebutkan, publikasi dalam bentuk buku juga patut diperhatikan agar kedepan jumlahnya bisa lebih meningkat. Pihaknya berusaha untuk memfasilitasi hal tersebut dengan memberikan insentif yang tinggi, menyediakan percetakan buku dan jurnal dari berbagai sumber, lokakarya dengan narasumber nasional dan internasional, serta menyediakan 15 jurnal yang dikelola FK UGM.

“Harapannya ini semua dapat menjadi pendorong yang kuat bagi para dosen di lingkungan FK untuk menulis serta memotivasi para pengelola jurnal,” ujarnya.

Laporan HPEQ 2012 mencatat sebanyak 758 publikasi dosen FK di jurnal internasional PUbMEd dengan rasio 1,02 publikasi PubMEd per dosen. Rasio tertinggi terdapat pada jabatan guru besar dengan 34 guru besar dan 167 publikasi.

Sedangkan khusus pada periode 2011-2012, data perpustakaan FK UGM menunjukkan sebanyak 78 publikasi internasional yang dibuat dosen FK UGM yang terindeks di PubMEd.

Pada kesempatan itu, Teguh turut menyampaikan bahwa FK UGM bertekad meningkatkan kontribusi kepada bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Disamping itu, juga dengan melakukan sejumlah perbaikan dan pembenahan dalam tata kelola fakultas dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas untuk memperkuat reputasi Fakultas Kedokteran di tingkat nasional maupun internasional.

Teguh menyampaikan bahwa dalam beberapa waktu terakhir FK telah meraih sejumlah capaian yang membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Reputasi yang diperoleh saat ini adalah hasil kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh unit di lingkungan fakultas,” paparnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6700 seconds (0.1#10.140)