Eks anggota DPR akui terima uang pensiun

Jum'at, 22 Februari 2013 - 10:02 WIB
Eks anggota DPR akui terima uang pensiun
Eks anggota DPR akui terima uang pensiun
A A A
Sindonews.com - Bisa dibayangkan betapa enaknya menjadi wakil rakyat. Tak hanya menerima berbagai fasilitas dan tunjangan selama masih aktif, anggota DPR ternyata menerima uang setiap bulannya ketika sudah pensiun.

Pengakuan itu keluar dari mulut mantan Anggota DPR periode 2004-2009 Drajad Wibowo yang menerima uang pensiunan sekitar Rp 2 juta perbulan. Namun, tidak semua mantan anggota DPR bisa menerima uang pensiunan.

"Yang terima pensiun itu anggota DPR yang mengabdi minimal satu periode penuh," ujar Drajad melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (22/2/2013).

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku, tidak mengetahui sistem pencairan uang pensiunan yang diperoleh. Pasalnya dirinya tidak pernah memeriksa.

"Menurut laporan sekretaris saya, uang pensiun itu ditransfer langsung ke rekening. Benar tidaknya ada uang pensiun masuk, saya harus cek dulu ke bank,"

Ia menuturkn, tidak terlalu mengharapkan uang pensiunan. Drajat bukan tidak menghargai apresiasi dari negara, dia bersyukur karena saat ini masih diberikan rejeki yang sangat berkecukupan.

"Alhamdulillah saya masih dalam usia produktif dan berprofesi sebagai ekonom yang terutama bergerak di sektor keuangan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Setiap anggota DPR mendapatkan uang pensiun sikitar 6 persen sampai
dengan 75 persen dari gaji pokok. Selain besarnya uang pensiun juga dipengaruhi masa jabatan anggota DPR.

Diketahui, anggota DPR menerima gaji pokok minimal Rp 4,2 juta, selain itu DPR juga menerima uang tunjangan.tunjangan istri Rp 420 ribu (10 persen dari gaji pokok), tunjangan anak (2 anak dan tiap anak dapat 2 persen dari gaji pokok) Rp 168 ribu, uang sidang/paket Rp 2 juta, tunjangan jabatan Rp 9,7 juta, tunjangan beras (untuk 4 orang, masing-masing dapat 10 kg) Rp 198 ribu, dan tunjangan PPH Pasal 21 Rp 1,729 juta.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7213 seconds (0.1#10.140)