Rapimnas Partai Demokrat dinilai akan dilematis

Minggu, 17 Februari 2013 - 02:12 WIB
Rapimnas Partai Demokrat dinilai akan dilematis
Rapimnas Partai Demokrat dinilai akan dilematis
A A A
Sindonews.com - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat yang akan digelar Minggu 17 Februari 2013 dinilai dilematis. Dikarenakan, hal itu sebagai jalan keluar permasalahan internal partai tersebut.

"Ini soal masalah dilematis, kalau menunda-nunda partainya akan semakin anjlok," kata Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago saat dihubungi Sindonews, Sabtu (16/2/2013) malam.

Kendati demikian, menurutnya, Rapimnas itu akan memakan resiko yang cukup rumit. Setelah Ketua Dewan partainya gagal mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait status hukum Ketua Umum Anas Urbaningrum. Rapimnas dipilih untuk mengakhiri perseteruan SBY dan Anas.

"Nah kalau diburu-buru akan ada perlombaan dengan masalah hukum, memang jalan tengah di Rapimnas ini," tukasnya.

Tetapi menurut dia, dalam Rapimnas harus bisa dicarikan solusi terbaik untuk penyelamatan partai dengan cara tidak menyakiti kader lainnya termasuk Anas Urbaningrum.

"Kalau konsolidasi ditunda ini partai semakin merosot, kalau mereka meyakini masalah kepastian hukum ini semakin membuat merosot partai harus juga berhati-hati," pungkasnya.

Sebelumnya Andrinof juga mengatakan, kalau upaya pelengseran Anas akan sangat beresiko, karena dipastikan akan membuat gejolak di dalam partai tak terhindari lagi.

"Kalau saya melihat semua upaya menonaktifkan atau mengurangi ada, tetapi melengserkan belum karena beresiko. Gejolak makin kencang dan internal mereka akan panas, Anas ini kekuatannya besar dan disadari betul," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6423 seconds (0.1#10.140)