Mentan belum jadi incaran KPK soal impor daging

Kamis, 31 Januari 2013 - 15:47 WIB
Mentan belum jadi incaran...
Mentan belum jadi incaran KPK soal impor daging
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, sampai saat ini pihaknya fokus melakukan pemeriksaan terhadap empat tersangka kasus dugaan suap terkait impor daging.

Lembaga superbody ini pun belum berniat menyentuh Menteri Pertanian (Mentan) Suswono yang juga merupakan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dalam kasus suap terkait impor daging, KPK memang telah menetapkan empat tersangka. Mereka yakni Persiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah yang dikabarkan orang dekat Luthfi, pengurus PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi, dan Juard Effendi.

Luthfi dan Ahmad masuk kategori penerima suap, sementara Arya dan Juard masuk kategori pemberi suap. "Ini jangan ke mana-mana dulu. Kita konsentrasi di sini dulu. Jangan lain-lain yang belum disebut oleh KPK," ucap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2013).

Bambang mengungkapkan hal tersebut saat disinggung soal dugaan keterlibatan Mentan bersama koleganya di PKS, Luthfi. "Saya lebih bagus menjawab bahwa kita konsentrasi di orang yang sekarang kami sedang periksa," tegas Bambang.

Menurutnya, KPK menduga Luthfi berandil dalam impor daging terutama terkait perizinan. Namun dia enggan menjelaskan secara detal andil Luthfi tersebut. Pun termasuk mengungkap adanya peran Mentan tersebut.

"Itu kan berkaitan dengan impor. Jadi pasti ke arah sana (izin-izin), cuma kan saya tidak bisa bilang detail-detailnya," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)