KPK baru cekal Luthfi dan wanita bernama Elda

Kamis, 31 Januari 2013 - 13:43 WIB
KPK baru cekal Luthfi dan wanita bernama Elda
KPK baru cekal Luthfi dan wanita bernama Elda
A A A
Sindonews.com- Dari empat orang yang dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap impor daging sapi. Ternyata baru Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dicekal ke luar negeri.

Sedangkan, Direktur PT Indoguna Utama bernama Juardi Effendi, Arya Abdi Effendi dan Ahmad Fathanah belum diajukan cegah ke luar negeri. Hari ini, Ditjen Imigrasi kembali menerima satu nama yang masuk daftar cekal KPK.

Surat pencegahan itu sendiri diketahui sudah dilayangkan sejak 30 Januari 2013 lalu. Selain Luthfi Hasan Ishaaq, tercatat nama baru Elda Devianne Adiningrat masuk daftar cekal.

"Iya, kami telah menerima surat cegah dari KPK selama kurun waktu enam bulan kedepan," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Maryoto saat dihubungi wartawan, Kamis (31/1/2013).

Lantas, siapakah Elda? Sampai saat ini belum diketahui secara rinci apa peran dan keterlibatannya dalam suap yang diduga nilainya mencapai Rp 40 miliar tersebut. Namun, Elda disebut-sebut sebagai salah satu pengusaha.

Sementara itu, wakil ketua KPK Bambang Widjojanto pun mengatakan bahwa pihaknya baru mengajukan dua nama untuk pencegahan ke luar negeri terkait dengan kasus penyuapan impor daging sapi.

"Memang kami telah mengajukan cegah terhadap LHI dan satu orang lagi saksi dari pihak swasta," tukas Bambang.

KPK menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap impor daging sapi. Mereka yakni, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sekaligus anggota DPR RI, Lutfhi Hasan Ishaaq dan orang dekatnya Ahmad Fathanah, serta dua Direktur PT Indoguna, yakni Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi.

Luthfi dan Ahmad diduga sebagai penerima suap. Sementara Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi diduga berperan sebagai pemberi suap. Suap Rp1 milliar tersebut diduga sebagai uang muka dari total Rp40 milliar yang diberikan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6464 seconds (0.1#10.140)
pixels