Mendikbud luncurkan mobil listrik buatan ITS

Sabtu, 26 Januari 2013 - 17:21 WIB
Mendikbud luncurkan mobil listrik buatan ITS
Mendikbud luncurkan mobil listrik buatan ITS
A A A
Sindonews.com- Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya meluncurkan mobil listrik yang diberinama EC ITS. Mobil hasil karya mahasiswa ITS ini diluncurkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh di Gedung Rektorat ITS.

Nuh mengatakan, mobil listrik ini merupakan hasil karya anak bangsa di ITS. Nama EC ITS ini katanya memiliki makna tersendiri. Huruf E dan C jika dibaca adalah Ezzy dalam bahasa inggris berarti mudah. Artinya, untuk membuat mobil listrik ini tidaklah susah bagi mereka yang sudah bisa.

"Mengapa mudah karena sebenarnya membuat mobil seperti ini mudah. Bagi ITS ini sudah bisa dan sudah terbukti. Mudahnya fasilitas yang ada semoga dapat dimanfaatkan, mudah pendanaannya, mudah realisasinya dan mudah dalam jejaring," kata M Nuh saat peluncuran Mobil Listrik EC ITS, Sabtu (26/1/2013).

Meski sudah bisa dikendarai, Nuh belum merekomendasikan mobil tersebut untuk digunakan di jalan raya. Sebab, masih ada beberapa langkah yang harus dilalui oleh mobil listrik ini. Rencananya, setelah diluncurkan mobil listrik ini akan dibawa ke Badan Pengembangan Teknologi Otomotif (BPTO) untuk menjalani sejumlah rangkai pengujian.

"Nanti kalau sudah teruji semua baru akan kita tawarkan ke pabrik atau industri otomotif yang ada di Indonesia. Yang jelas ITS tidak akan memproduksi secara massal karena sebagai institusi pendidikan hanya sebatas riset saja," ujarnya.

Mantan Rektor ITS ini meminta kepada seganap dunia pendidikan untuk optimis dan mempunayi cita-cita besar bagi pengembangan mobil listrik. Untuk EC ITS Versi 1.0 ini akan dikembangkan secara terus menurus dan diupdate sesuai dengan kondisi terkini.

"Akan dikembangkan dan update lagi tapi yang jelas secara fundamental sudah bagus. Termasuk kedepan tugas BPTO semakin berat agar mobil produksi anak bangsa ini diakui dunia," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5199 seconds (0.1#10.140)