Daming terancam tak lolos fit and proper test

Selasa, 15 Januari 2013 - 12:42 WIB
Daming terancam tak lolos fit and proper test
Daming terancam tak lolos fit and proper test
A A A
Sindonews.com - Calon hakim Agung, Muhammad Daming Sunusi terus menjadi sorotan atas pernyataannya saat menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di komisi III DPR.

Menanggapi hal ini, anggota komisi III DPR, Taslim Chaniago mengatakan, dirinya keberatan jika Daming diloloskan dalam fit and proper test. Namun demikian ditegaskan, saat ini fraksinya masih mengkaji layak tidaknya Daming untuk diloloskan dalam proses fit and proper test.

"Sikap fraksi akan ditentukan oleh fraksi, " ucapnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2012).

Pada kesempatan itu, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyampaikan, mayoritas fraksi di Komisi III DPR sepakat tidak akan meloloskan Ketua Hakim Pengadilan Tinggi Banjarmasin itu.

"Kita lihat selanjutnya, pada akhirnya PAN akan memutuskan, suara besar menolak PAN berada di suara terbesar itu,"

Dia menambahkan, seorang pejabat publik seharusnya tidak membuat pernyataan yang dapat melukai perasaan masyarakat. "Makanya seroang pejabat jangan menyakiti hati publik." tukasnya.

Seperti diketahui, dalam proses fit and proper test calon Hakim Hakim Agung di Komisi III DPR, Daming Sunusi menyatakan, hukuman mati untuk pemerkosa perlu dipikirkan karena yang diperkosa dan memperkosa sama-sama menikmati.

Sebelumnya, Daming mengaku mengeluarkan pernyataan itu, karena forum dinilai terlalu tegang. Sebab, dirinya belum memberikan jawaban tegas terkait wacana hukum mati untuk kasus pemerkosaan.

"Kita tadi terlalu tegang, tentu kita harus pertimbangkan baik-baik kasus tertentu, seperti narkoba, korupsi, dan pemerkosaan, tadi saya belum memberikan jawaban yang tegas,"kata Daming usai fit and proter test.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3682 seconds (0.1#10.140)