Profil Partai Demokrat

Senin, 14 Januari 2013 - 17:28 WIB
Profil Partai Demokrat
Profil Partai Demokrat
A A A
Partai Demokrat didirikan atas inisiatif Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan dibantu oleh tim 9 yang beranggotakan 10 orang, yaitu Vence Rumangkang, Ahmad Mubarok, A. Yani Wachid, Subur Budhisantoso, Irzan Tanjung, Heroe Syswanto Ns, RF. Saragjh, Dardji Darmodihardjo, Rizald Max Rompas, dan T Rusli Ramli MS.

Pada 9 September 2001 partai ini didirikan dengan ideologi nasionalis religius dan berazaskan Pancasila. Selanjutnya, pada tanggal 10 September 2001, resmi didaftarkan ke Departemen Kehakiman dan HAM RI (sekarang Kementerian Hukum dan HAM).

Kemudian pada tanggal 25 September 2001 terbitlah Surat Keputusan Menkeh dan HAM Nomor M.MU.06.08.-138 tentang pendaftaran dan pengesahan Partai Demokrat. Dengan Surat Keputusan tersebut Partai Demokrat telah resmi menjadi salah satu partai politik di Indonesia. Saat ini, Sekretariat DPP tersebut berlokasi di Jl. Kramat Raya No. 146 - Jakarta Pusat 10450.

Visi dari partai ini adalah mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia agar mencapai pencerahan dalam kehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur, menjunjung tinggi semangat Nasionalisme, Humanisme dan Internasionalisme, atas dasar ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa dalam tatanan dunia baru yang damai, demokratis dan sejahtera.

Sementara misi partai, antara lain, memperjuangkan tegaknya persamaan hak dan kewajiban Warganegara tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan dalam rangka menciptakan masyarakat sipil (civil society) yang kuat, otonomi daerah yang luas serta terwujudnya representasi kedaulatan rakyat pada struktur lebaga perwakilan dan permusyawaratan.

Selain itu, meneruskan perjuangan bangsa dengan semangat kebangsaan baru dalam melanjutkan dan merevisi strategi pembangunan Nasional sebagai tumpuan sejarah bahwa kehadiran partai Demokrat adalah melanjutkan perjuangan generasi-generasi sebelumnya yang telah aktif sepanjang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sejak melawan penjajah merebut Kemerdekaan, merumuskan Pancasila dan UUD 1945, mengisi kemerdekaan secara berkesinambungan hingga memasuki era reformasi.

Beberapa tokoh dalam partai ini antara lain; Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Dewan Pembina sekaligus pendiri partai, Anas Urbaningrum selaku Ketua Umum DPP, Max Sopacua dan Jhony Allen Marbun masing-masing sebagai Wakil Ketua Umum. Sementara Edi Baskoro Yudhoyono yang merupakan anak kandung SBY sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Sebagai peserta pemenang Pemilu 2009, Demokrat berhasil merebut 148 kursi di DPR. Tentu saja jumlah ini sangat menentukan dalam pengambilan keputusan di rapat paripurna DPR. Sebagai pemenang Pemilu dan pemilik jumlah kursi terbanyak di DPR, Partai Demokrat juga mendapat kursi nomor satu di DPR yang diisi oleh Wakil Ketua Dewan Pembinanya yaitu Marzuki Alie.

Struktur Dewan Pembina Partai Demokrat:

Ketua: Soesilo Bambang Yudhoyono
Wakil Ketua: Marzuki Alie
Sekretaris: Jero Wacik

Anggota: Freddy Numberi
Anggota: Syariefuddin Hasan
Anggota: Darwin Zahedy Saleh
Anggota: Melani Leimena Suharli
Anggota: Subur Budhisantoso
Anggota: Hadi Utomo
Anggota: Irzan Tandjung
Anggota: Achmad Mubarok
Anggota: TB Silalahi
Anggota: Taufik Effendi
Anggota: Hayono Isman,
Anggota: Ventje Rumangkang
Anggota: Mahyudin
Anggota: Siti Hartati Murdaya
Anggota: Soekarwo
Anggota: Fauzi Bowo
Anggota: Sinyo Hari Sarundajang
Anggota: Ferrial Sofyan
Anggota: Haris Taher
Anggota: Adjeng Ratna Suminar
Anggota: Hamidah Hamid
Anggota: Ahmad Nizar Shihab
Anggota: Nurfaizi
Anggota: Agus Abubakar
Anggota: Suaidi Marasabessy
Anggota: Farid Prawiranegara
Anggota: Parlindungan Hutabarat
Anggota: I Gde Nyoman Arsana

Struktur DPP Partai Demokrat:
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1278 seconds (11.252#12.26)