Kemendikbud targetkan tenun sumba jadi warisan budaya dunia

Minggu, 13 Januari 2013 - 20:33 WIB
Kemendikbud targetkan tenun sumba jadi warisan budaya dunia
Kemendikbud targetkan tenun sumba jadi warisan budaya dunia
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengusulkan kain tenun Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjadi warisan budaya dunia. Ditargetkan tahun ini bisa disetujui UNESCO. Selain sebagai upaya pelestarian budaya asli Indonesia, langkah tersebut juga sebagai sosialisasi pada dunia mengenai budaya tenun Indonesia.

"Seni kain tenun milik Indonesia sebenarnya sudah terkenal di mancanegara, bahkan lebih terkenal di dunia dibandingkan dengan batik. Apalagi, hampir semua daerah dari Aceh hingga Papua, memiliki karya kain tenun masing-masing. Hal ini membuat Kemendikbud dan Organisasi Cipta Rasa Tenun Indonesia ingin menjadikan tenun Sumba sebagai world heritage," ujar Kepala Museum Tekstile Jakarta Indra Riyawan yang ditemui dalam acara peragaan busana batik di Hotel The Phoenix Yogyakarta, Minggu (13/1/2013).

Dia menuturkan, upaya pemerintah membawa tenun Sumba menjadi salah satu warisan budaya yang diakui dunia sudah dilakukan sejak tahun lalu. Namun, tahun 2013 ini upaya itu diharapkan bisa disetujui oleh UNESCO.

Menurutnya, alasan pengajuan tenun Sumba menjadi warisan budaya dunia karena tenun Sumba kaya akan motif dan makna dari tiap motif yang terbentuk.

"Selain itu, warga NTT yang menjadi pengrajin tenun Sumba sampai sekarang masih menjadikan pekerjaan menenun sebagai aktivitas sehari-hari. Pelestarian budaya dengan menjadikannya tradisi sehari-hari dan turun menurun inilah yang juga menjadi syarat penting dalam penilaian sebuah warisan budaya dunia oleh UNESCO," jelasnya.

Ditambahkan Indra, pihaknya sebagai satu-satunya museum tekstil di Indonesia berupaya membantu dengan melakukan sosialisasi mengenai tenun Sumba. Sosialisasi dilakukan melalui pameran-pameran tekstil. Dan dalam waktu dekat, Museum tekstil Jakarta juga akan menggelar pameran khusus tenun Sumba.

Batik sebagai karya seni Indonesia sudah lebih dulu menjadi warisan budaya dunia yang disetujui UNESCO pada 2009 lalu.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4285 seconds (0.1#10.140)