Menikmati pekerjaan menyenangkan

Selasa, 08 Januari 2013 - 10:49 WIB
Menikmati pekerjaan...
Menikmati pekerjaan menyenangkan
A A A
Menjalani profesi yang berisiko stres rendah sangat menyenangkan. Mereka bisa menikmati pekerjaan tanpa harus banyak tekanan yang dihadapi.

Situs CareerCast.combeberapa waktu lalu membuat pemeringkatan pekerjaan dengan risiko stres tertinggi dan terendah. Pemeringkatan profesi yang memiliki stres terendah banyak diwarnai profesi industri medis.

Dari sepuluh profesi dengan tingkat stres terendah, empat di antara dari profesi yang berhubungan dengan medis tersebut. Empat profesi tersebut adalah petugas rekam medis, petugas laboratorium medis, ahli diet, dan ahli pendengaran. CareerCast juga memprediksikan bahwa ke depan, industri medis membutuhkan jumlah pekerja dalam jumlah lebih besar.

Di Eropa dan Amerika Serikat (AS) bahkan diharapkan industri kesehatan menjadi sektor pertumbuhan tertinggi dalam dekade berikutnya. Jika dilihat dari beberapa profesi medis yang tingkat stres rendah, ada dua profesi yang jarang dimiliki secara umum yaitu ahli diet dan ahli pendengaran.

Sedangkan dua profesi lainnya lebih kepada operasional atau penunjang kegiatan medis yaitu petugas rekam medis dan petugas laboratorium medis. Dua petugas tersebut menyediakan data medis. Tidak banyak tantangan yang dihadapi petugas rekam dan laboratorium medis.

Mereka umumnya hanya membantu tugas-tugas dokter dalam menyediakan data. Petugas rekam medis merupakan profesi yang berkembang stabil dalam industri kesehatan. Dia memberikan sejumlah data tentang rekam kesehatan dan penyakit pasien.

Petugas catatan medis bekerja di kantor rumah sakit, tempat praktik dokter dan dokter gigi. Pekerjaan yang tidak menjenuhkan dan nyaman juga dirasakan oleh petugas laboratorium medis.Mereka bekerja di lingkungan yang kondusif dan tidak banyak gangguan yang mereka terima. Mereka bertugas mengambil sampel untuk diteliti.

Para petugas tersebut fokus untuk membantu dokter. Secara global gaji tahunan yang diterima petugas rekam dan laboratorium medis adalah USD32.350 dan USD46.680. Sementara itu, ahli diet dan pendengaran merupakan dua profesi yang tidak umum dimanfaatkan orang.

Mereka bekerja sangat spesifik dan tidak banyak orang yang menjadi pasien mereka dibanding dokter umum. Dilihat dari jumlah pasien, mereka tidak terlalu sibuk dibanding dokter pada umumnya.

Ahli yang berhubungan dengan telinga ini menurut analisa CareerCast mempunyai prospek pertumbuhan di masa depan. Setiap tahun permintaan jumlah ahli pendengaran ini meningkat. Begitu juga dengan gaji yang mereka terima terus meningkat.

Setiap tahunnya mereka rata-rata menerima gaji sebesar USD66.660. Ahli pendengaran tidak rawan stres karena lingkungan kerja mereka menyenangkan. Klien yang dihadapi umumnya pasif dan biasanya datang dari orang berusia tua. Mereka pun bebas menentukan hari dan jam kerja sendiri.

Sehingga fleksibel untuk melakukan kegiatan lain di luar profesi mereka. Sementara ahli gizi dan diet juga mempunyai pekerjaan yang tidak diburu beban besar. Saat ini ahli gizi dan diet melayani peran yang semakin penting dalam budaya Amerika Serikat (AS) karena mereka membantu masalah obesitas pertempuran.

Kebanyakan ahli gizi bekerja dengan orang-orang dari berbagai lapisan, mulai dari mereka yang berusia muda ataupun tua.Mereka membantu memandu makanan yang dikonsumsi pasien agar bisa diet dan sehat.

Pekerjaan dengan tingkat stres rendah ini umumnya pekerjaan yang tidak mempunyai mobilitas tinggi. Mereka bekerja di dalam ruangan, namun bukan berarti pekerjaan mereka monoton dan tidak ada yang baru. Seperti profesi penjahit pakaian wanita dan penata rambut.

Ruang kerja mereka hanya di satu tempat, namun mereka selalu mencoba untuk menampilkan hal yang baru. Penata rambut sering bekerja di lingkungan yang serbacepat, dengan pelanggan datang dan pergi sepanjang hari. Namun, interaksi dengan klien salah satu manfaat profesi penata rambut.

Banyak pelanggan juga berarti banyak teman. Sementara bagi pencinta buku, menjadi pustakawan adalah profesi yang menyenangkan. Mereka hanya bergelut dengan perpustakaan dan menata buku dengan manajemen yang bagus. Mereka melayani pengguna perpustakaan untuk mendapatkan informasi dan menyediakan buku yang diinginkan.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)