Banyak Parpol lemah di kepengurusan

Rabu, 02 Januari 2013 - 18:50 WIB
Banyak Parpol lemah...
Banyak Parpol lemah di kepengurusan
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengantungi beberapa partai politik (parpol) yang lolos sebagai peserta Pemilu 2014. Namun, beberapa parpol yang lolos itu baru akan diumumkan, pekan depan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, seluruh KPU Provinsi di Indonesia telah merampungkan rapat pleno verifikasi faktual terhadap 16 parpol pada kloter pertama.

Sementara untuk 18 parpol yang diverifikasi faktual kloter kedua atas rekomendasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) belum seluruhnya dirampungkan, karena masih ada KPU Provinsi belum menggelar rapat pleno.

Dari hasil verifikasi faktual itu, menurut Ferry, sebagian besar parpol memiliki kelemahan pada masalah keanggotaan.

"Biasanya, yang lemah-lemah itu di keanggotaan. Itu paling lemah," ujarnya di kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2013).

Menurutnya, untuk persyaratan keanggotaan, harus memiliki 100 persen kepengurusan di seluruh provinsi di Indonesia, 75 persen kepengurusan di kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan, serta dan memiliki 50 persen kepengurusan kecamatan di kabupaten/kota yang bersangkutan, ditambah lagi harus memiliki keanggotaan sebanyak 1000 orang atau 1/1000 dari jumlah penduduk di Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

"Nah, ada yang tidak memenuhi kuota 1000 atau 1/1000 di kabupaten/kota itu," ujar Ferry.

Selain itu, juga ditemukan masyarakat yang merasa tidak menjadi anggota parpol tersebut setelah dikroscek di lapangan.

"Banyak yang di kabupaten/kota itu ketika dikroscek di lapangan, itu memang ada yang tidak punya keterangan sebagai anggota. Ada yang tidak punya kartu," ungkapnya.

Selanjutnya, KPU akan menggelar rapat pleno 7 Januari 2013. Pada rapat itu, parpol yang lolos sudah diketahui. Pengumuman secara resminya baru akan dilaksanakan 9-11 Januari 2013.

Setelah penetapan peserta Pemilu, agenda selanjutnya adalah pengundian nomor urut parpol yang akan dilaksanakan pada 14 Januari 2013.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)