UGM juarai business greenpreneurship 2012

Rabu, 02 Januari 2013 - 10:38 WIB
UGM juarai business greenpreneurship 2012
UGM juarai business greenpreneurship 2012
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa Fakultas Biologi UGM Immanuel Sanka, berhasil keluar menjadi juara 1 pada Greenpreneurship Business Plan Challenge UI Green Festival pada 22 Desember 2012 lalu.
Rencana bisnis berbasis lingkungan yang diangkatnya pada kompetisi ini terinspirasi dari Kelompok Studi Kelautan yang mengkaji tentang Crustacea.

"Saya mengangkat judul OnHCal (Organic and High Calcium). Idenya adalah mengurangi limbah kulit atau eksoskleton crustacea menjadi bahan penambah kalsium," papar Sanka, di UGM Yogyakarta, Jawa Tengah, Rabu (2/1/2012).

Dia mengatakan, kompetisi rencana bisnis berbasis lingkungan ini diharapkan dapat memotivasi pengusaha muda atau calon pengusaha agar memiliki prinsip dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Tanggung jawab yang dimulai dari diri sendiri, kegiatan produksi hingga distribusi produk.

"Hal ini sejalan dengan tema kompetisi yaitu environmental responsibility sehingga seluruh komponen bisnis memperhatikan tanggung jawab kepada lingkungannya," tambahnya.

Sebelum meraih juara Sanka bersama dua finalis lain harus presentasi rencana bisnisnya terlebih dahulu di hadapan dewan juri dengan durasi 15 menit. Selain presentasi dilakukan pula diskusi dengan juri dan peserta lain yang hadir.

Sebelumnya, Sanka mengaku sempat pesimis saat melihat produk yang dibawakan oleh tim lain. "Dengan optimis dan berpikir positif akhirnya semakin menguatkan ide bisnis saya pada presentasi maupun diskusi," kata mahasiswa angkatan 2010 ini.

Pada kompetisi yang merupakan salah satu rangkaian UI Green Festival tersebut, untuk juara 2 diraih oleh mahasiswa UI (Mengolah CD Bekas Menjadi Lampu dan Jam Hias) dan juara ketiga IPB (Boleaf).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9040 seconds (0.1#10.140)