Dihadang Merlion di sungai Singapura

Rabu, 19 Desember 2012 - 12:54 WIB
Dihadang Merlion di sungai Singapura
Dihadang Merlion di sungai Singapura
A A A
Kendati panjang sungai di Singapura hanya empat kilometer, namun pemerintah Singapura serius menggarap sungai tersebut menjadi lokasi wisata yang kerap dikunjungi pelancong.

Pemerintah Singapura memang cukup jeli memanfaatkan setiap potensi wisata yang ada di daerahnya. Sungai sepanjang empat kilometer kini menjadi branding internasional.

Dengan Singpore River Cruise atau perahu kayu, pelancong bisa menyusuri alirannya. Kesan pertama yang terlihat adalah sungai ini sangat bersih. Menariknya, ketika menyusuri sungai Singapura, terdapat patung Merlion yang menjadi ikon Singapura.

Jika dilihat dari sejarahnya, sungai ini belum terlalu lama disulap oleh pemerintah menjadi sungai eksotik seperti ini. Sebelum tahun delapan puluhan, sungai ini sangat kotor dan sama sekali bukan tempat wisata.

Tepian sungai pun diisi oleh gudang gudang untuk menyimpan barang dagangan. Namun kebijakan pemerintah untuk memperbaiki kondisi sungai diikuti dengan kesadaran masyarakatnya membuat sungai ini menjadi salah satu ikon Singapura.

Bahkan patung Marlion di salah satu ruas tepiannya menjadi branding
internasional untuk negara bekas wilayah kekuasaan Majapahit ini.

Menurut Harpans warga Singapura saat ini, Singapur River menjadi salah satu andalan wisata di Singapura.

Sayangnya langkah Singapura kurang bisa diikuti di Indonesia. Padahal
jika serius ditangani, akan banyak lokasi wisata sungai di Indonesia. Pasalnya di Indonesia terdapat banyak sungai.

Contoh saja Sungai Bengawan Solo yang panjangnya ratusan kali lebih panjang dibanding Sungai Singapura tentunya dapat menjadi potensi besar untuk wisata berkelas internasional.

Perlu menjadi catatan penting, Sungai Singapura ini hanya sepanjang empat kilo meter. Tinggal bagaimana dengan Pemerintah Indonesia dan tentu saja seluruh masyarakatnya mau atau tidak menyulap sungainya menjadi aset wisata internasional.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2686 seconds (0.1#10.140)