Mendagri setuju pemilihan sekjen KPU terbuka

Jum'at, 23 November 2012 - 01:51 WIB
Mendagri setuju pemilihan sekjen KPU terbuka
Mendagri setuju pemilihan sekjen KPU terbuka
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan seleksi secara terbuka dalam pemilihan Sekjen KPU.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan, ketua KPU Husni Kamil Manik meminta kepada Kemendagri dalam penerimaan sekjen yang akan datang proses penyeleksiannya harus terbuka agar objektif, dan transparan, serta tidak adanya intervensi yang mempengaruhi keputusan.

"Saya terima keputusannya, asal tidak menghambat Pemilu 2014", ujar Gamawan, saat dihubungi, Kamis (22/11/2012).

Dia menambahkan, pihaknya sudah bertemu dengan Sekjen KPU. Dalam pertemuan itu, dia mengaku Sekjen KPU siap dicopot kapan saja. Tetapi dengan pertimbangan, pada bulan Febuari, saat jatuhnya masa pensiun, maka sekitar bulan Febuari, baru akan dibuka pendaftaran untuk Sekjen KPU.

"Kami akan pertahankan sampai Dewan Komisioner membuka pendaftaran untuk jabatan sekjen di KPU," tegasnya.

Dia melanjutkan, dalam syarat pencalon untuk menjadi Sekjen KPU, harus dari kalangan Eslon 1 A. "Ini syarat sah yang ada, jadi tidak bisa ditawar," terangnya.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menegaskan, pihaknya tidak mau memperlambat jalannya Pemilu 2014. "Jadi sekarang bola panasnya ada di Dewan Komisioner KPU, dan kami selaku pemerintah sifatnya hanya menunggu, karena keadaannya hanya komisioner KPU," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3415 seconds (0.1#10.140)