Kedatangan jemaah gelombang 2 ke Madinah berakhir

Rabu, 21 November 2012 - 14:07 WIB
Kedatangan jemaah gelombang 2 ke Madinah berakhir
Kedatangan jemaah gelombang 2 ke Madinah berakhir
A A A
Sindonews.com - Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang dua dari Mekkah ke Madinah telah berakhir Selasa 20 November 2012 kemarin. Berakhirnya kedatangan jemaah dari Mekkah, ditandai dengan datangnya tiga kloter jemaah yakni Jakarta-JKG 49 dan 50 dan Surabaya SUB 80.

Sekretaris daker Madinah Sofwan Abdul Djani menyatakan, secara umum jumlah jemaah haji gelombang dua yang ke Madinah hingga berakhir pemberangkatan dari Mekkah mencapai 90 ribu jemaah.

Sofwan menjelaskan, keberadaan jemaah haji Indonesia sudah mendominasi setiap aktivitas di Masjid Nabawi selain warga dari negara lain seperti India dan Pakistan.

"Sudah mendominasi, sudah kelihatan di Masjid Nabawi ada jemaah haji kita (Indonesia), tidak seperti tiga atau empat hari yang lalu," terangnya.

Di sisi lain, Sofwan mengatakan, jumlah jemaah haji di Madinah juga terus berkurang dengan pemulangan jemaah haji Indonesia ke tanah air.

"Dan sekarang juga mulai berkurang, setiap hari kita berangkatkan ke Jeddah kira-kira tujuh kloter dan kita berangkatkan dari Bandara Madinah tujuh hingga delapan kloter. Kira-kira 14-15 kloter tiap harinya," tambahnya.

Pemulangan jemaah haji gelombang dua ke tanah air dari Madinah akan terus berlangsung, hingga hari Kamis 29 November 2012 mendatang.

Jemaah gelombang kedua yang masih berada di Madinah, tetap beraktivitas untuk menunaikan ibadah salat Arbain dan melakukan ziarah ke sejumlah tempat seperti Jabal Uhud dan Masjid Quba.

Sementara itu, dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) jemaah haji gelombang dua yang tiba di Madinah dari Mekkah secara total 91.533 jemaah dari 232 kloter.

Sedangkan jemaah yang sudah meninggalkan Madinah menuju tanah air melalui Bandara Jeddah dan Madinah mencapai 44.783 jemaah dari 111 kloter.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8629 seconds (0.1#10.140)