Dua teroris Poso anggota MIT

Minggu, 04 November 2012 - 07:00 WIB
Dua teroris Poso anggota MIT
Dua teroris Poso anggota MIT
A A A
Sindonews.com - Pengamat terorisme Al Chaidar meyakini dua anggota teroris yang berhasil ditangkap dan salah satunya tewas ditembak oleh tim Detasemen Khusus (Densus) 88 kemarin merupakan anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

"Mereka anggota MTI kelompok teroris pimpinan Abu Wardah alias Santoso alias Abu Yahya," jelas Al Chaidar kepada Sindonews, Minggu (4/11/2012).

Menurutnya, dua anggota teroris tersebut juga dinilai terbilang nekat dengan melakukan aksi perlawanan saat berusaha dibekuk. Diketahui mereka melempar bom ke arah petugas.

Hal itu ditanggapinya sebagai tindakan nyata dari surat tantangan Komandan MIT sebelumnya untuk perang terbuka dengan Detasemen Khusus Antiteror 88.

"Tindakan seperti itu memang praktek kelompok teroris di Sulawesi," kata Al Chaidar.

Ketika ditanya keterlibatan dengan teroris Solo, Al Chaidar mengungkapkan hanya sedikit sekali hubungan mereka dengan Kelompok Solo. Menurutnya, mereka hanya melakukan koordinasi terkait pelatihan saja

"Di Poso itu kan tempat pelatihan mereka termasuk Kelompok Solo," jelasnya.

Selain itu, Al Chaidar mengungkapkan, Poso merupakan tempat persembunyian senjata dan barang yang digunakan sebagai pasokan kebutuhan mereka dalam melakukan aksi teror termasuk untuk wilayah Solo.

Sebelumnya tim Densus 88 Mabes Polri kemarin melakukan penyergapan terhadap kelompok terduga teroris di Kelurahan Kayamanya, Kecamatan Poso Kota.

Hal itu dari upaya pengejaran terhadap kelompok yang diduga terlibat dalam sejumlah kasus aksi kekerasan dan teror di Poso, Sulawesi Tengah.

Operasi penangkapan oleh Tim Densus 88 antiteror itu turut di back up oleh sekitar dua Satuan Setingkat Kompi Brimob Kelapa Dua yang telah dikirim ke Poso pada 31 Oktober 2012 lalu. Diketahui dua anggota teroris berhasil ditangkap, satu diantaranya tewas setelah ditembak Densus 88.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)