Masyarakat Ampaian Rotan datangi Komnas HAM

Senin, 29 Oktober 2012 - 14:25 WIB
Masyarakat Ampaian Rotan datangi Komnas HAM
Masyarakat Ampaian Rotan datangi Komnas HAM
A A A
Sindonews.com - Mantan kepala desa dan korban perampasan tanah di Desa Ampaian Rotan mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait dilepaskannya Timbang Sianipar yang menjadi pelaku perampasan lahan.

Mantan Kepala Desa Ampaian Rotan Darkam Prianto mengatakan, Timbang Sianipar telah melakukan kejahatan HAM yang berakibat pada kesulitan ekonomi warga desa. Pasalnya, Timbang mengambil lahan perkebunan yang menjadi sumber pendapatan warga.

"Dia itu kerap merampas perkebunan rakyat sejak 2003 sampai sekarang. Tapi dia tidak pernah tersentuh oleh hukum," katanya di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (29/10/2012).

Dia menduga ada unsur suap dalam dibebaskannya Timbang Sianipar oleh Pengadilan Negeri Dumai melalui dimenangkannya gugatan pra peradilan, meskipun Polda Riau dengan tegas telah menetapkannya sebagai tersangka.

Sementara itu, mantan Kepala Desa Ampaian Rotan lainnya, Lamet AR, mengungkapkan selama ini warga di Ampaian Rotan tidak bisa berbuat banyak untuk melindungi kebun mereka.

"Kami mengharapkan pengaduan kami ditanggapi Komnas HAM. Karena Timbang Sianipar ini sungguh keterlaluan merampas kebun warga untuk mencari makan. Ada penegakan hukum tetapi berkesan dia kebal hukum," pungkasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6461 seconds (0.1#10.140)