PKKH UGM jadi rumah budaya Yogya

Rabu, 17 Oktober 2012 - 16:21 WIB
PKKH UGM jadi rumah budaya Yogya
PKKH UGM jadi rumah budaya Yogya
A A A
Sindonews.com - Di usianya yang ke-63 tahun, Universitas Gajah Mada (UGM) menyerahkan Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasumantri (PKKH) sebagai pusat kebudayaan bagi masyarakat Yogyakarta, khususnya bagi para seniman Yogyakarta.

Budayawan UGM Farouk HT mengatakan, dengan penyerahan PKKH tersebut, semakin menegaskan bahwa UGM sebagai kampus kerakyatan.

“Selanjutnya UGM akan menjadikan PKKH sebagai ruang publik yang terbuka bagi siapa saja untuk berkiprah. Kami ingin PKKH benar-benar menjadi pusat kebudayaan, bukan saja untuk warga UGM tapi juga bagi seluruh seniman maupun budayawan,” kata Farouk, di Gedung PKKH, Yogyakarta, Rabu (17/10/2012).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menyusun jadwal kegiatan pertunjukan PKKH selama setahun ke depan. Di tempat yang dulunya lebih dikenal dengan sebutan Purnabudaya tersebut, dipastikan ada empat kelompok budaya yang akan tampil satu kali setiap bulannya.

Diantaranya, yakni kelompok seni pertunjukan, seni rupa, seni sastra dan kelompok diskusi, terutama yang mengangkat isu-isu kebudayaan.

"Di luar agenda yang sudah terjadwal, PKKH juga terbuka untuk pementasan. Bagi para seniman bisa mendaftar jika ingin menggelar kegiatan Kami akan menggratiskan karena UGM benar-benar ingin memposisikan diri sebagai rumah budaya bagi para seniman, khususnya yang bermukim di Yogyakarta," imbuhnya.

Ada wacana, UGM akan membuka portal atau penutup jalan yang selama ini mengelilingi kampus. Paling tidak, portal areal boulevard akan dibuka untuk mempermudah akses ke PKKH. Mengawali niatan tersebut, akan digelar Pekan Seni Budaya 'UGM Untuk Jogja' pada 21-29 Oktober 2012.

“Dalam acara tersebut akan ditampilkan serangkaian acara, geguritan, macapat, drama musikal, keroncong kreatif, gamelan kontemporer, wayang populer, acapela mataraman, monolog dan lainnya,” tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9985 seconds (0.1#10.140)