FMIPA UNY wakili DIY ke tingkat nasional

Kamis, 11 Oktober 2012 - 14:55 WIB
FMIPA UNY wakili DIY ke tingkat nasional
FMIPA UNY wakili DIY ke tingkat nasional
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil merajai Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2012 untuk tingkat provinsi (regional) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan pencapaian ini, FMIPA UNY berhak mewakili DIY ke tingkat nasional di bidang sains, yang akan diadakan 26-30 November 2012.

Wakil Dekan III FMIPA UNY Suhandoyo MS mengatakan, pihaknya bersukur mahasiswanya mampu berprestasi di OSN Pertamina 2012.

“Juara I tiap bidang akan berkompetisi di tingkat nasional mewakili
provinsi. Kami akan terus membimbing mahasiswa supaya terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Suhandoyo, di Yogyakarta, Kamis (11/10/12).

Mahasiswa yang mewakili DIY ialah Doni Bowo Nugroho juara I bidang Fisika. Ikhfan Febriyana juara I bidang Matematika. Kintan Limiansi juara III bidang Biologi dan Muya Faritza Avisiena juara III bidang Matematika.

Pada final tingkat provinsi dan regional DIY yang telah dilaksanakan 8 Oktober 2012 lalu di kampus UII Yogyakarta, UNY mengirimkan 10 peserta yang berhasil lolos seleksi tahap pertama.

Doni, juara I Bidang Fisika mengatakan, keikutsertaannya di OSN Pertamina 2012 ini bermulai hanya untuk tes kemampuan pribadi saja.

Dirinya tidak menyangka akan lolos seleksi tingkat provinsi. Mahasiswa angkatan 2011 ini membuat makalah yang berjudul Pemanfaatan Photovoltaic-Wind Turbine Hybrid System Untuk Rumah Tangga yang hanya diselesaikan dalam waktu tiga hari.

Sementara itu, Ikhfan, juara I bidang Matematika menjelaskan, OSN kali ini adalah keikutsertaannya yang kedua setelah tahun 2011 lalu hanya masuk sembilan besar provinsi.

“Pada sesi presentasi saya mempresentasikan makalah berjudul Analisis Dampak Pengoperasian FSO Aberkha Terhadap Lifting Minyak di PHE WMO Melalui Pendekatan Algoritma Dijkstra. Semoga nanti mampu berprestasi di tingkat nasional,” harapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6896 seconds (0.1#10.140)