Lokasi banjir bandang Aceh masih terisolir

Sabtu, 25 Agustus 2012 - 21:21 WIB
Lokasi banjir bandang Aceh masih terisolir
Lokasi banjir bandang Aceh masih terisolir
A A A
Sindonews.com - Untuk menangani korban banjir bandang di Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan upaya bantuan. Namun, sejumlah jalan yang masih tertutup material longsor membuat upaya tersebut sedikit terkendala.

Seperti diungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada Sindonews, Sabtu (25/8/2012).

Lokasi bencana banjir bandang terisolir, hanya kendaraan roda dua yang bisa mencapai lokasi bencana. Itupun berkat pembangunan jembatan darurat yang dilakukan petugas. Untuk membersihkan sisa material, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berupaya menurunkan alat berat ke lokasi.

Saat ini, petugas BNPB, BPBD, dibantu TNI/POlri terus melakukan evakuasi korban. Untuk pengungsi, sudah disiapkan makanan siap saji, pakaian dan selimut. Para korban yang selamat sendiri kini memilih mengungsi ke rumah kerabatnya masing-masing.

BNPB melansir, tanggap darurat dilokasi bencana akan terus dilakukan hingga 31 Agustus 2012.

Sementara itu, dampak gempa yang terjadi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah sedang didata petugas BNPB. Sebelumnya tercatat, dalam peristiwa yang terjadi pada 18 Agustus 2012 lalu, lima orang menjadi korban, 27 luka berat, dan 67 orang luka ringan.

Sedangkan untuk kerusakan, tercatat 527 rumah rusak berat, 311 rumah rusak sedang, dan 788 rusak ringan. Namun untuk memastikan kerusakan dan korban jiwa, tim yang terdiri dari BPBD, Bupati, TNI, dinas/instansi terkait masih melakukan rapat koordinasi mengenai Validasi dan sinkronisasi data korban dan kerusakan.

Untuk kebutuhan mandi dan konsumsi, petugas mengirimkan air menggunakan 25 unit sepeda motor untuk Kecamatan Lindu. BNPB merilis, untuk bencana di Sigi tanggap darurat diberlakukan hingga 12 September 2012.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5559 seconds (0.1#10.140)