NasDem pasang kriteria capres

Rabu, 25 Juli 2012 - 20:47 WIB
NasDem pasang kriteria capres
NasDem pasang kriteria capres
A A A
Sindonews.com - Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah mempersiapkan diri untuk menjaring calon-calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada Pemilu Presiden 2014 mendatang. Untuk itu NasDem telah memberikan kriteri-kriteria capres yang akan dijaringnya.

Ketua Umum DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Patricia Rio Capella mengungkapkan kriteria tersebut. Sosok capres masa depan ala NasDem yang paling utama adalah bagaimana dirinya bisa bersikap tegas.

Selain itu, dia berani tidak populer demi kepentingan rakyat. Pemimpin yang tidak tunduk dengan gertakan negara-negara asing.

"Kita merindukan sosok pada Bung Karno. Dia berani memutuskan sikap walaupun digertak negara luar,” kata Capella disela Rakorwil Partai Nasdem di Jalan Tukad Batanghari, Denpasar, Rabu (25/7/2012).

Namun bukan berarti sikap tegas itu selalu direpresentasikan militer atau sikap tidak tegas ada di sipil.

Sekarang ini, kritik Capella, pemimpin dari kalangan militer tetapi tidak bisa bersikap tegas. Bung Karno dahulu dari sipil namun berani tegas.

Figur yang akan diusung NasDem pada Pemilihan Presiden 2014 tidak mempersoalkan latar belakang sipil atau militer. Latar belakang capres militer atau sipil, menurut Capella, sudah tidak relevan dalam konteks dan kondisi sekarang.

Namun siapa sosok ideal yang akan diusung Partai Nasdem, Capella tak mau menyebutkan. Dia menegaskan, masih ada waktu dua tahun untuk mengamati pemimpin di negeri ini. “Semua akan ditentukan pada hasil Pemilu 2014,“ tegasnya di sela rapat yang mengagendakan penjelasan proses verifikasi faktual oleh KPUD Bali.

Sampai saat ini NasDem belum menentukan capres karena lebih fokus pada pemenangan Pemilu 2014. "Konsentrasi Nasdem belum pada penentuan calon presiden. Kita tunggu undang-undang keluar berapa Parliamentary Threshold,“ elaknya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6555 seconds (0.1#10.140)