Jelang Hut OPM, Polri kerahkan kekuatan penuh

Jum'at, 29 Juni 2012 - 16:54 WIB
Jelang Hut OPM, Polri kerahkan kekuatan penuh
Jelang Hut OPM, Polri kerahkan kekuatan penuh
A A A
Sindonews.com - Jelang hari lahir Organisasi Papua Merdeka (OPM), Mabes Polri memerintah seluruh jajarannya untuk siaga melakukan pengamanan di Papua. Hal itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyerangan pos kepolisian, maupun penembakan misterius kembali.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menyatakan, intruksi pengamanan langsung disampaikan oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

"Pak Kapolri memberi instruksi agar menjelang Hut OPM diharapkan fokus pada pengamanan, agar tidak terjadi hal yang meresahkan" ujar Saud di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/6/2012).

Bentuk pengamanan akan memakai pola prefentif seperti dialog dan persuasif. "Kami mengimbau kepada semua pihak agar tidak ada kerusuhan. Diharapkan kegiatan yang dilakukan tidak emosional, apalagi yang bersifat anarkis. Penjagaan dilakukan Kapolres dan Kapolsek," terangnya.

Selain itu, Kapolri juga mengintruksikan seluruh elemen keamanan seperti Kamtibmas ikut membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan. Patroli akan ditempatkan dititik-titik rawan.

"Jika kedua cara tersebut dilakukan masih terjadi pelanggaran, maka akan dilakukan tindakan hukum yang harus dilakukan untuk menciptakan Kamtibmas di Papua dan Indonesia. Setiap masyarakat wajib memberikan informasi kepada aparat kepolisian untuk menjaga keamanan," sambungnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5074 seconds (0.1#10.140)